(e-RH) 13 Juni -- Matius 26:36-46 - BUKAN MENGUBAH TAPI MENGALAHKAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 13 Juni 2020
Bacaan : Matius 26:36-46
Setahun: Ester 4-7
Nats: Kemudian Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari hadapan-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." (Matius 26:39)

Renungan:

BUKAN MENGUBAH TAPI MENGALAHKAN

Dengan berdoa, kita mengungkapkan keluhan-keluhan akibat beban yang menindih hidup kita. Umumnya, kita berharap agar doa-doa kita mendapat jawaban dan jalan keluar. Sayangnya kita cenderung menuntut Allah mengikuti kehendak diri kita. Kecenderungan itulah yang kemudian membuat kita begitu yakin jika doa dapat mengubah segala sesuatu! Benarkah doa-doa kita selalu dijawab seperti yang kita kehendaki?

Ketika harus berhadapan dengan kesedihan dan kegentaran yang begitu hebat akibat cawan derita yang harus Ia alami, Yesus pun berdoa kepada Bapa-Nya. Kehendak diri-Nya adalah Ia meminta agar cawan derita itu dilalukan dari pada-Nya. Apakah doa itu mengubah kenyataan pahit yang akan dihadapi-Nya? Nyatanya, doa itu tidak mengubah fakta bahwa Ia harus menjalani penderitaan salib. Doa itu memang tidak membuat kesengsaraan berlalu, namun doa-Nya waktu itu memberi-Nya kekuatan sehingga Ia mampu mengalahkan segala ketakutan dan kegentaran hingga Ia mampu menyelesaikan kehendak Bapa-Nya.

Allah tentulah senang menyaksikan kepasrahan hidup diri kita dalam berdoa. Namun Allah ingin kita belajar memahami bahwa doa tidak selalu mengubah atau memberi jawaban seperti apa yang kita kehendaki. Doa yang kita ucapkan mungkin tidak mengubah fakta penderitaan yang kita alami, namun melalui doa kita beroleh kasih karunia dan kekuatan Allah. Dengan berdoa kita beroleh kekuatan untuk mengalahkan kehendak daging dan mengikuti apa yang menjadi kehendak Allah dalam hidup kita. --SYS/www.renunganharian.net
   
DOA ITU BERKUASA! MESKI TIDAK SELALU MENGUBAH NAMUN DOA ITU AKAN MENGALAHKAN SEGALA SESUATU.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/06/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/06/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Matius+26:36-46

Matius 26:36-46

36  Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Duduklah di sini, sementara Aku pergi ke sana untuk berdoa."
37  Dan Ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus serta-Nya. Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar,
38  lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku."
39  Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."
40  Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?
41  Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
42  Lalu Ia pergi untuk kedua kalinya dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku jikalau cawan ini tidak mungkin lalu, kecuali apabila Aku meminumnya, jadilah kehendak-Mu!"
43  Dan ketika Ia kembali pula, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat.
44  Ia membiarkan mereka di situ lalu pergi dan berdoa untuk ketiga kalinya dan mengucapkan doa yang itu juga.
45  Sesudah itu Ia datang kepada murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Lihat, saatnya sudah tiba, bahwa Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa.
46  Bangunlah, marilah kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Ester+4-7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ester+4-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar