(e-SH) 1 Juli -- Pengkhotbah 7:23-8:1 - Carilah Hikmat dari Allah

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 1 Juli 2020
Ayat SH: Pengkhotbah 7:23-8:1

Judul: Carilah Hikmat dari Allah

Apakah Anda pernah mengenal seorang yang diakui bijaksana karena kemampuannya dalam memberi solusi atas banyak masalah? Lalu, pernahkah Anda kecewa karena ternyata pada suatu saat ia tidak bisa memberikan solusi pada masalah yang sedang Anda hadapi? Atau, Anda harus menepuk dahi karena ternyata ia tidak melakukan perkataannya sendiri? Jika ya, Anda tidak sendirian, karena Pengkhotbah juga menemukan hal yang sama.

Dalam bacaan hari ini, Pengkhotbah menceritakan pengalamannya mencari hikmat. Ia mencari seorang yang mampu menjelaskan setiap masalah. Seorang yang dapat diandalkan kapan saja. Ia mencarinya dengan sungguh-sungguh. Namun, tidak ditemukannya. Ia malah menemukan sesuatu yang lain, yang lebih kuat dari maut dan membelenggu manusia, bahkan menariknya pada kehancuran (26).

Sekalipun demikian, pencarian tersebut membuatnya memahami bahwa hikmat adalah sesuatu yang sangat jauh dan dalam. Ia memahami ternyata tidak mudah menemukan seorang yang memiliki jawaban atas semua pertanyaan. Sedikit sekali orang yang mau mencari hikmat. Faktanya, ia menemukan bahwa sekalipun Allah menciptakan manusia untuk jujur, namun kita lebih suka tidak jujur (29). Artinya, manusia berlagak sok tahu dan meremehkan hikmat. Jika demikian, siapakah yang berhikmat, yang mengetahui keadaan, dan yang konsisten sepanjang masa? Jawabannya adalah Allah, Sang Sumber Hikmat.

Oleh karena itu, carilah hikmat Allah. Ya, hanya kepada-Nya kita tidak akan kecewa. Jika kita meminta hikmat kepada-Nya, Ia pasti akan memberikan. Yakobus pernah menulis: "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, ... maka hal itu akan diberikan kepadanya" (Yak. 1:5).

Teruslah berdoa meminta pengenalan akan Tuhan agar makin memahami hikmat-Nya. Hikmat dari-Nya menyembuhkan kekecewaan yang kita alami dalam hidup. Sebab itu, kita mesti bijaksana untuk terus meminta hikmat kepada Tuhan. [JPH]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/07/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Pengkhotbah+7:23-8:1
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Pengkhotbah+7:23-8:1

Pengkhotbah 7:23-8:1

23  Kesemuanya ini telah kuuji untuk mencapai hikmat. Kataku: "Aku hendak memperoleh hikmat," tetapi hikmat itu jauh dari padaku.
24  Apa yang ada, itu jauh dan dalam, sangat dalam, siapa yang dapat menemukannya?
25  Aku tujukan perhatianku untuk memahami, menyelidiki, dan mencari hikmat dan kesimpulan, serta untuk mengetahui bahwa kefasikan itu kebodohan dan kebebalan itu kegilaan.
26  Dan aku menemukan sesuatu yang lebih pahit dari pada maut: perempuan yang adalah jala, yang hatinya adalah jerat dan tangannya adalah belenggu. Orang yang dikenan Allah terhindar dari padanya, tetapi orang yang berdosa ditangkapnya.
27  Lihatlah, ini yang kudapati, kata Pengkhotbah: Sementara menyatukan yang satu dengan yang lain untuk mendapat kesimpulan,
28  yang masih kucari tetapi tidak kudapati, kudapati seorang laki-laki di antara seribu, tetapi tidak kudapati seorang perempuan di antara mereka.
29  Lihatlah, hanya ini yang kudapati: bahwa Allah telah menjadikan manusia yang jujur, tetapi mereka mencari banyak dalih.
 1  Siapakah seperti orang berhikmat? Dan siapakah yang mengetahui keterangan setiap perkara? Hikmat manusia menjadikan wajahnya bercahaya dan berubahlah kekerasan wajahnya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar