(e-RH) 27 Juni -- 1 Timotius 6:2-10 - MANA CUKUP

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 27 Juni 2020
Bacaan : 1 Timotius 6:2-10
Setahun: Mazmur 10-17
Nats: Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. (1 Timotius 6:8)

Renungan:

MANA CUKUP

Seorang ibu selalu mengeluh gaji suaminya tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya selama sebulan. Baru dua minggu, gaji sudah habis dan dia berutang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya sampai akhir bulan.

Ternyata masalah gaji tidak mencukupi sudah ada sejak dahulu. Yohanes menasihati para prajurit untuk mencukupkan diri dengan gajinya (Luk. 3:14). Rasul Paulus memberi nasihat kepada Timotius untuk hidup sederhana, tidak boros, asal ada makanan pakaian, cukuplah (ay. 8). Ia juga menyatakan bahwa ia telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan (Flp. 4:11).

Menyikapi gaya hidup saat ini yang cenderung konsumtif dan materialis, mari kita teladani Rasul Paulus, belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Belajar merupakan proses yang sebelumnya tidak bisa menjadi bisa. Hal ini membutuhkan waktu, kerja keras dan disiplin. Disiplin untuk tidak membeli barang yang tidak diperlukan walaupun ada diskon, sale dan berbagai penawaran menarik. Kerja keras mencari ide supaya hidup lebih hemat, tidak perlu harus membeli dan memakai barang mahal dan bermerek. Harga diri kita tidak ditentukan oleh harga barang yang kita pakai.

Kita harus mengelola gaji dengan baik, mengutamakan hal-hal yang menjadi prioritas, bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Kalau diperlukan, para istri bisa membantu suami menambah penghasilan. Seperti Amsal 31:24 tentang istri yang cakap-ia membuat pakaian dari lenan dan menjualnya, ia menyerahkan ikat pinggang kepada pedagang. --IN/www.renunganharian.net
   
CUKUPKANLAH SEBERAPA PUN GAJI SAAT INI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/06/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/06/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Timotius+6:2-10

1 Timotius 6:2-10

 2  Jika tuan mereka seorang percaya, janganlah ia kurang disegani karena bersaudara dalam Kristus, melainkan hendaklah ia dilayani mereka dengan lebih baik lagi, karena tuan yang menerima berkat pelayanan mereka ialah saudara yang percaya dan yang kekasih. (6-2b) Ajarkanlah dan nasihatkanlah semuanya ini.
 3  Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat--yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus--dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita,
 4  ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga,
 5  percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan.
 6  Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.
 7  Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.
 8  Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.
 9  Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
10  Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+10-17
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+10-17

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar