(e-RH) 19 Juni -- Hakim-hakim 13:1-7 - ORANG YANG TERBATAS

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 19 Juni 2020
Bacaan : Hakim-hakim 13:1-7
Setahun: Ayub 17-20
Nats: "Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki." (Hakim-Hakim 13:3)

Renungan:

ORANG YANG TERBATAS

Sekali lagi Tuhan menyerahkan orang Israel ke dalam tangan orang Filistin selama empat puluh tahun lamanya, karena kejahatan mereka kepada-Nya. Bukan untuk membinasakan mereka, tetapi karena kasih-Nya kepada umat-Nya. Dia ingin mereka sadar akan kejahatan mereka dan berbalik kepada-Nya. Tuhan ingin memperlihatkan bahwa Dialah yang sanggup menyelamatkan mereka dari tangan musuh, sehingga hanya kepada-Nya saja seharusnya mereka tunduk dan berbakti.

Tuhan merancangkan penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin melalui keluarga Manoah. Keluarga yang memiliki keterbatasan, karena istri Manoah, yang tidak disebutkan namanya, bahkan beberapa kali hanya disebutkan sebagai perempuan itu adalah seorang yang mandul. Tetapi Tuhan luar biasa. Dia memilih seorang yang terbatas untuk dipakai sebagai alat-Nya untuk menyatakan ketidakterbatasan-Nya. Dari perempuan itu lahirlah Simson, nazir Tuhan untuk menyatakan kasih dan penyelamatan-Nya kepada orang Israel.

Selain memiliki kelebihan, setiap orang pasti memiliki keterbatasan, mungkin keterbatasan fisik, ekonomi, kemampuan berbahasa, kecerdasan, kemampuan bersosialisasi, dan lainnya. Ada orang yang dalam keterbatasannya, ia kecewa dan marah, tetapi ada orang yang tetap bisa bersyukur dan mau dipakai Tuhan. Ketika seseorang mau membuka hati untuk dipakai-Nya, Dia sanggup memakai segala keterbatasannya menjadi berkat bagi banyak orang. Maukah dalam segala keterbatasan, kita menundukkan diri dan mau dipakai sebagai alat-Nya sepanjang hidup kita? --ANT/www.renunganharian.net
   
KETERBATASAN MANUSIA BUKAN HALANGAN BAGI TUHAN UNTUK MENYATAKAN KARYA-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/06/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/06/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Hakim-hakim+13:1-7

Hakim-hakim 13:1-7

 1  Orang Israel melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin empat puluh tahun lamanya.
 2  Pada waktu itu ada seorang dari Zora, dari keturunan orang Dan, namanya Manoah; isterinya mandul, tidak beranak.
 3  Dan Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, demikian: "Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki.
 4  Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.
 5  Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."
 6  Kemudian perempuan itu datang kepada suaminya dan berkata: "Telah datang kepadaku seorang abdi Allah, yang rupanya sebagai rupa malaikat Allah, amat menakutkan. Tidak kutanyakan dari mana datangnya, dan tidak juga diberitahukannya namanya kepadaku.
 7  Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, anak itu akan menjadi seorang nazir Allah."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Ayub+17-20
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ayub+17-20

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar