(e-SH) 14 April -- Lukas 24:36-49 - Misi Terselesaikan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Santapan Harian
Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 14 April 2020
Ayat SH: Lukas 24:36-49

Judul: Misi Terselesaikan

Kebanyakan orang pernah menonton film atau mendengar tentang James Bond. Agen 007 ini mempunyai misi menyelamatkan dunia dari tangan para penjahat. Ia adalah agen rahasia yang dipercaya dapat menyelesaikan tugasnya hingga misi itu terselesaikan.

Ini mirip dengan Yesus. Ia utusan Kerajaan Allah. Tugas-Nya adalah menyelamatkan jiwa manusia dari dosa. Berbeda dari James Bond, Yesus adalah utusan yang terbuka bagi setiap orang percaya. Allah mengutus-Nya untuk menyelesaikan misi-Nya di dunia. Misi itu terselesaikan ketika Ia bangkit dan mengalahkan maut.

Setelah bangkit, Yesus memperlihatkan diri kepada murid-murid-Nya. Saat para murid dilanda kecemasan karena kehilangan Guru, Yesus muncul. Pada awalnya, mereka merasa ragu akan kehadiran Yesus (37-38). Keraguan itu muncul karena tidak sesuainya harapan dan realitas. Semula, mereka berharap bahwa Yesus akan memimpin Israel agar terbebas dari penjajahan kerajaan Romawi. Kenyataannya, mereka malah kehilangan Sang Guru.

Penampakan jati diri Yesus juga bertujuan untuk membuat mereka mengerti bahwa setiap perkataan dan nubuat yang telah disampaikan para nabi benar adanya (44). Mesias akan datang, mati, dan bangkit pada hari yang ketiga. Yesus ingin mengajar mereka untuk menjadi dewasa secara rohani dan berdiri menjadi saksi di seluruh penjuru dunia (47-48). Yesus menyelesaikan misi-Nya dengan sempurna.

Sekarang, fisik-Nya tidak lagi di dunia. Namun, Ia telah meninggalkan Penolong bagi kita untuk menjalankan amanat-Nya. Amanat-Nya sederhana, yaitu kita harus menjadi saksi bagi-Nya. Walaupun sederhana, bukan berarti ini mudah dilakukan. Persoalan utamanya bukan terletak pada kemampuan, melainkan pada kemauan kita. Maukah kita menjalani amanat Allah ini sampai Ia memanggil kita nanti?

Pengorbanan Yesus harus kita syukuri. Misi Allah untuk keselamatan dunia telah diselesaikan dengan sempurna oleh Yesus sendiri. Apakah kita siap menjalankan amanat yang Tuhan berikan untuk menjadi saksi-Nya di bumi? [AST]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/04/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+24:36-49
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+24:36-49

Lukas 24:36-49

36 Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!"
37 Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu.
38 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?
39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."
40 Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka.
41 Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?"
42 Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng.
43 Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.
44 Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
46 Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,
47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
48 Kamu adalah saksi dari semuanya ini.
49 Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar