(e-SH) 24 Februari -- 2 Samuel 21:15-22 - Melindungi Raja

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 24 Februari 2020
Ayat SH: 2 Samuel 21:15-22

Judul: Melindungi Raja

Raja dalam sistem teokrasi dianggap sebagai wakil Tuhan. Melindungi raja adalah tugas yang tidak bisa diabaikan. Tujuannya jelas demi eksistensi bangsa. Hal ini tidak beda jauh dari sistem pemerintahan demokrasi. Presiden sebagai Kepala Negara yang mewakili rakyatnya juga wajib dilindungi.

Ketika dalam suatu pertempuran Raja Daud sudah terdesak karena kelelahan, datanglah Abisai menolongnya. Hampir saja tombak seberat tiga kilogram lebih dan pedang yang baru milik Yisbi-Benob, prajurit Filistin dan keturunan raksasa itu, menewaskan Daud. Mengapa melindungi raja itu penting? Orang Israel sangat berharap supaya mereka tidak punah. "Janganlah lagi engkau maju berperang bersama-sama dengan kami, supaya keturunan Israel jangan punah bersama-sama engkau", (17) demikian permohonan orang Israel kepada Daud.

Sedemikian pentingnya arti hidup Daud bagi orang Israel. Daud menjadi kebanggaan bangsa. Mendapat sebutan sebagai keturunan Daud pun menjadi suatu kehormatan. Mesias pun berasal dari keturunan Daud.

Sebagai umat Kristen, kita disebut juga anak-anak Allah. Melalui sakramen baptisan yang diterima dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, kita menjadi umat Allah. Kita memiliki status baru, yaitu sebagai anak-anak Allah.

Ketika orang Israel menurut Perjanjian Lama sedemikian bangga disebut keturunan Daud, bagaimana dengan kita yang disebut anak-anak Allah? Di sinilah pentingnya menjaga martabat sebagai anak-anak Allah sebagai tugas komunitas yang disebut gereja. Sebagaimana "Abisai-Abisai" masa kini yang melindungi rajanya dengan gagah perkasa, sudah semestinya kita pun menjaga kehormatan Allah melalui hidup yang saling melindungi sebagai sesama anak Allah yang kekasih. Tidak hanya itu, kita pun dipanggil untuk melindungi sesama yang belum percaya supaya terhindar dari kematian kekal, yaitu kebinasaan.

Doa: Ya Tuhan, mampukan kami untuk melindungi kehidupan sesama kami dari ancaman kematian kekal. [STY]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/02/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Samuel+21:15-22
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Samuel+21:15-22

2 Samuel 21:15-22

15  Ketika terjadi lagi peperangan antara orang Filistin dan orang Israel, maka berangkatlah Daud bersama-sama dengan orang-orangnya, lalu berperang melawan orang Filistin, sampai Daud menjadi letih lesu.
16  Yisbi-Benob, yang termasuk keturunan raksasa--berat tombaknya tiga ratus syikal tembaga dan ia menyandang pedang yang baru--menyangka dapat menewaskan Daud.
17  Tetapi Abisai, anak Zeruya, datang menolong Daud, lalu merobohkan dan membunuh orang Filistin itu. Pada waktu itu orang-orang Daud memohon dengan sangat kepadanya, kata mereka: "Janganlah lagi engkau maju berperang bersama-sama dengan kami, supaya keturunan Israel jangan punah bersama-sama engkau."
18  Sesudah itu terjadi lagi pertempuran melawan orang Filistin di Gob; pada waktu itu Sibkhai, orang Husa, memukul kalah Saf, yang termasuk keturunan raksasa.
19  Dan terjadi lagi pertempuran melawan orang Filistin, di Gob; Elhanan bin Yaare-Oregim, orang Betlehem itu, menewaskan Goliat, orang Gat itu, yang gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun.
20  Lalu terjadi lagi pertempuran di Gat; dan di sana ada seorang yang tinggi perawakannya, yang tangannya dan kakinya masing-masing berjari enam: dua puluh empat seluruhnya; juga orang ini termasuk keturunan raksasa.
21  Ia mengolok-olok orang Israel, maka Yonatan, anak Simea kakak Daud, menewaskannya.
22  Keempat orang ini termasuk keturunan raksasa di Gat; mereka tewas oleh tangan Daud dan oleh tangan orang-orangnya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar