(e-SH) 17 Februari -- 2 Samuel 17:15-29 - Orang yang Tepat pada Posisi yang Tepat

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 17 Februari 2020
Ayat SH: 2 Samuel 17:15-29

Judul: Orang yang Tepat pada Posisi yang Tepat

Husai tidak menyia-nyiakan waktu. Setelah nasihatnya diindahkan Absalom (1-14), ia segera menemui imam Abyatar dan Zadok (pendukung setia Daud). Pesan itu diteruskan kepada anak-anak mereka Yonatan dan Ahimaas oleh seorang hamba perempuan. Ia biasa melakukan tugas rumah tangga mengambil air di sumur. Tidak ada yang mencurigainya ketika ia pergi ke sumur. Informasi itu akan diteruskan kepada Daud. Rupanya seorang mata-mata Absalom mengetahui persembunyian mereka. Mereka dikejar oleh orang-orang Absalom. Namun, seorang perempuan menolong mereka dengan menyembunyikan mereka dalam sumurnya. Sumur itu sumur tadah hujan. Saat musim kering, sumur itu beralih fungsi menjadi tempat menjemur biji-bijian. Semuanya tampak normal. Siapa yang menyangka ada orang bersembunyi di bawahnya.

Pesan itu diterima Daud tepat waktu. Ia segera mencari tempat persembunyian yang aman dan mengumpulkan kekuatan menghadapi serangan Absalom. Di Mahanaim, penguasa dari bangsa asing menampung Daud dan rombongannya serta memberikan bahan makanan kepada mereka.

Pekerjaan penyelamatan Daud dan takhtanya melibatkan banyak orang dengan fungsi yang berbeda. Ada penasihat kerajaan, rohaniwan, hamba, pemimpin kota, orang kaya, dan orang awam. Mereka adalah teman, mantan musuh, anak teman, keluarga, dan orang asing. Pada waktu yang tepat, Tuhan menempatkan mereka di posisi yang tepat pula sehingga misi itu berhasil. Adakalanya kita merasa pekerjaan kita kurang penting dibandingkan pekerjaan orang lain. Hidup yang kita jalani juga datar saja. Sesungguhnya hidup kita terhubung dengan orang lain. Apa yang kita lakukan dan cara kita melakukannya ada dalam skema besar. Guru yang membangun kepercayaan diri murid yang kelak menjadi menteri; pendeta yang menanamkan kecintaan kepada Tuhan dalam diri katekisan yang kelak menginspirasinya menjadi dokter di daerah terpencil.

Doa: Tolong kami menghargai pekerjaan yang kami lakukan sebagai bagian dari karya agung-Mu. [WTH]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/02/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Samuel+17:15-29
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Samuel+17:15-29

2 Samuel 17:15-29

15  Sesudah itu berkatalah Husai kepada Zadok dan kepada Abyatar, imam-imam itu: "Ini dan itu dinasihatkan Ahitofel kepada Absalom dan kepada para tua-tua Israel, tetapi ini dan itu kunasihatkan.
16  Oleh sebab itu, suruhlah dengan segera memberitahukan kepada Daud, demikian: Pada malam ini janganlah bermalam di tempat-tempat penyeberangan ke padang gurun, tetapi menyeberanglah dengan segera, supaya jangan raja dan seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia itu ditelan habis."
17  Yonatan dan Ahimaas menunggu di En-Rogel, dan setiap kali ada seorang budak perempuan yang datang membawa kabar kepada mereka; dan merekapun langsung memberitahu raja Daud, sebab mereka tidak boleh dilihat memasuki kota.
18  Tetapi seorang anak melihat mereka, lalu memberitahu Absalom. Jadi pergilah keduanya dengan segera, dan sampailah mereka ke rumah seseorang di Bahurim yang mempunyai sumur di halamannya; maka turunlah mereka ke dalamnya.
19  Kemudian perempuan itu mengambil kain tudungan, membentangkannya di atas mulut sumur itu dan menaburkan butir-butir gandum di atasnya, sehingga tidak kelihatan apa-apa.
20  Sampailah orang-orang Absalom kepada perempuan itu di rumahnya, lalu bertanya: "Di manakah Ahimaas dan Yonatan?" Jawab perempuan itu kepada mereka: "Mereka telah menyeberangi sungai itu." Kemudian mereka mencari, tetapi tidak mendapatnya, lalu pulanglah mereka ke Yerusalem.
21  Setelah orang-orang itu pergi, keluarlah keduanya dari sumur, lalu pergi memberitahu raja Daud, kata mereka kepada Daud: "Bersiaplah dan seberangilah dengan segera sungai ini, sebab ini dan itu dinasihatkan Ahitofel terhadap kamu."
22  Lalu bersiaplah Daud dan seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia, dan mereka menyeberangi sungai Yordan. Pada waktu fajar tidak ada seorangpun yang ketinggalan, yang tidak menyeberangi sungai Yordan.
23  Ketika dilihat Ahitofel, bahwa nasihatnya tidak dipedulikan, dipasangnyalah pelana keledainya, lalu berangkatlah ia ke rumahnya, ke kotanya; ia mengatur urusan rumah tangganya, kemudian menggantung diri. Demikianlah ia mati, lalu ia dikuburkan dalam kuburan ayahnya.
24  Maka sampailah Daud ke Mahanaim, ketika Absalom menyeberangi sungai Yordan dengan seluruh orang Israel yang menyertainya.
25  Absalom telah mengangkat Amasa menggantikan Yoab untuk mengepalai tentara. Amasa adalah anak seorang yang bernama Yitra, seorang Ismael yang telah memperisteri Abigal binti Nahas, saudara perempuan Zeruya ibu Yoab.
26  Lalu orang Israel dan Absalom berkemah di tanah Gilead.
27  Ketika Daud tiba di Mahanaim, maka Sobi bin Nahas, dari Raba, kota bani Amon, dan Makhir bin Amiel, dari Lodebar, dan Barzilai, orang Gilead, dari Rogelim, membawa
28  tempat tidur, pasu, periuk belanga, juga gandum, jelai, tepung, bertih gandum, kacang babi, kacang merah besar, kacang merah kecil,
29  madu, dadih, kambing domba dan keju lembu bagi Daud dan bagi rakyat yang bersama-sama dengan dia, untuk dimakan, sebab kata mereka: "Rakyat ini tentu telah menjadi lapar, lelah dan haus di padang gurun."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar