(e-RH) 29 Januari -- Keluaran 17:8-16 - SALING MENOPANG

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 29 Januari 2020
Bacaan : Keluaran 17:8-16
Setahun: Keluaran 35-37
Nats: Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam. (Keluaran 17:12)

Renungan:

SALING MENOPANG

Tiga kali Herman merintis usaha, tiga kali ia gagal. Namun ia tidak terpuruk dalam kesedihan. Mengapa? Ia mempunyai teman-teman yang senantiasa memberi dukungan. Sampai Herman merintis usaha baru dan berhasil, mereka terus menopang dan memberi semangat. Kini, Herman pun selalu melakukan hal yang sama, yakni menopang dan menguatkan teman-temannya, setiap kali mereka membutuhkan dukungan.

Kegagalan atau beratnya persoalan bisa membuat kehidupan kita terasa sangat melelahkan. Sekalipun kita tahu Tuhan memberikan janji kemenangan di depan, kita seolah tak mampu lagi berjalan menggapainya. Musa pernah mengalami hal serupa! Musa tahu kalau ia mengangkat tangan, kemenangan menjadi milik bangsa Israel. Namun untuk terus-menerus mengangkat tangan, ia tidak sanggup karena lama-kelamaan tangannya menjadi penat. Beruntung, Musa mempunyai rekan-rekan yang mau membantunya! Segera saja mereka mengambil sebuah batu, meletakkannya sebagai tempat duduk Musa, kemudian Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya. Saling menopang, itulah kunci kemenangan Israel!

Bersyukurlah untuk rekan-rekan atau saudara seiman yang Tuhan kirimkan kepada kita ketika hidup ini terasa penat dan lelah. Tetapi ingat, adakalanya Tuhan juga meminta kita berperan sebagai Harun dan Hur, yakni menjadi penopang bagi orang lain! Tentunya kita tidak boleh bersikap egois dengan hanya mau ditopang, tetapi enggan menopang. Sebaliknya, di mana pun kita ditempatkan, baik di posisi Musa ataupun posisi Harun dan Hur, mengucap syukurlah untuk janji kemenangan yang Tuhan sediakan di depan! --LIN/www.renunganharian.net
   
BETAPA INDAHNYA KEHIDUPAN INI APABILA KITA MAU SALING MENOPANG SATU SAMA LAIN!

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/01/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/01/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+17:8-16

Keluaran 17:8-16

 8  Lalu datanglah orang Amalek dan berperang melawan orang Israel di Rafidim.
 9  Musa berkata kepada Yosua: "Pilihlah orang-orang bagi kita, lalu keluarlah berperang melawan orang Amalek, besok aku akan berdiri di puncak bukit itu dengan memegang tongkat Allah di tanganku."
10  Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit.
11  Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.
12  Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.
13  Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.
14  Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit."
15  Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: "Tuhanlah panji-panjiku!"
16  Ia berkata: "Tangan di atas panji-panji TUHAN! TUHAN berperang melawan Amalek turun-temurun."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+35-37
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+35-37

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar