(e-RH) 2 Oktober -- Yohanes 7:25-36 - TAK PERNAH MENGENAL

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 2 Oktober 2019
Bacaan : Yohanes 7:25-36
Setahun: Matius 5-6
Nats: "Namun lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu bahwa Dialah Kristus?" (Yohanes 7:26)

Renungan:

TAK PERNAH MENGENAL

Mengetahui berbeda dengan mengenal. Karena mengidolakan seseorang, kita bisa mengetahui banyak hal tentang dia. Kita berusaha mencari tahu apa saja tentang orang itu dari buku-buku, dari orang-orang yang mungkin dekat dengannya. Pengetahuan kita tentang dia mungkin sangat luas. Tapi apakah itu bisa disebut mengenal? Belum tentu. Pengenalan dibangun dari sebuah proses kedekatan yang terus-menerus. Tanpa adanya kedekatan atau pengalaman pribadi, kita hanya akan sekadar tahu tentang seseorang tetapi kita sama sekali tidak mengenalnya.

Inilah yang dialami beberapa orang Yahudi waktu itu. Secara pengetahuan, mereka tahu banyak hal tentang Yesus. Siapa saja keluarganya, di mana Ia tinggal, apa pekerjaan-Nya. Tetapi tentang siapakah Yesus yang sesungguhnya dan dari mana asal-Nya, mereka tidaklah mengenal-Nya (ay. 27). Itu sebabnya ketika Yesus berbicara tentang diri-Nya dan apa tujuan hidup-Nya di dunia ini, orang-orang Yahudi kerap menentang-Nya bahkan menimbulkan sebuah kebencian. Mereka menolak untuk mengakui bahwa Yesus adalah Mesias yang diutus oleh Bapa-Nya. Akibatnya mereka tidak pernah mengenal dan percaya kepada-Nya.

Allah menghendaki agar kita mengenal-Nya secara pribadi. Pengetahuan kita tentang Alkitab tidaklah menjamin kita benar-benar mengenal-Nya. Pengenalan terbangun dari pengalaman pribadi. Dan ada waktunya di mana Allah akan membawa kita dalam sebuah situasi yang sulit, bukan saja untuk menguji hati kita, tetapi juga akan membawa kita semakin dekat dan mengenal Pribadi-Nya. --SYS/www.renunganharian.net
   
PENGENALAN AKAN ALLAH ITU DIBENTUK TIAP-TIAP HARI MELALUI PROSES KEDEKATAN DAN PENGALAMAN SECARA PRIBADI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/10/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2019/10/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yohanes+7:25-36

Yohanes 7:25-36

25  Beberapa orang Yerusalem berkata: "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh?
26  Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus?
27  Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya."
28  Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru: "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal.
29  Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku."
30  Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba.
31  Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata: "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mujizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?"
32  Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap-Nya.
33  Maka kata Yesus: "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku.
34  Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada."
35  Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain: "Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani?
36  Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada?"

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Matius+5-6
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+5-6

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2019 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar