(e-SH) 11 September -- Galatia 2:15-21 - Menghadirkan Kristus

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 11 September 2019
Ayat SH: Galatia 2:15-21

Judul: Menghadirkan Kristus

Pada awal proses rehabilitasi, seorang pecandu narkoba bisa sangat menderita. Tubuh, yang terbiasa mengonsumsi obat-obatan, kesakitan karena menagih dosis yang biasa diterima. Namun jika tahap itu terlewati, tubuh akan terasa normal kembali tanpa harus mengonsumsi narkoba, sehingga si pecandu bisa hidup baru tanpa tergantung pada obat-obatan. Tubuhnya menjadi bersih dan tak lagi dikuasai oleh obat-obatan. Biasanya, dalam hidup barunya, ia akan menjadi penyemangat bagi para pencandu lainnya untuk berhenti memakai narkoba serta bisa berbagi kepada orang lain mengenai dampak bahaya dari narkoba.

Dalam perikop ini, Rasul Paulus menyampaikan nasihat berdasarkan pengalaman pribadinya. Ia menyebutkan bahwa secara lahiriah dirinya adalah orang Yahudi, bukan bangsa asing yang dianggap sebagai orang berdosa (15). Namun, ia tidak mengandalkan status lahiriah itu karena bagi dia yang terutama adalah percaya kepada Yesus dan meneladani hidup-Nya. Itulah sebabnya Rasul Paulus menyebutkan bahwa hidupnya bukan lagi oleh dirinya sendiri karena Kristuslah yang hidup di dalamnya (20). Paulus terlahir sebagai Yahudi di mana kehidupan lamanya dikuasai oleh ketundukan kepada hukum. Namun, dalam hidup barunya Kristus berkarya melalu dirinya.

Menjadi orang Kristen adalah menjadi pengikut Kristus. Secara lahiriah, kehidupan kita sama saja dengan orang lain yang sama-sama mengalami kelemahan manusiawi dan sama-sama melakukan kebaikan. Bahkan, bisa saja orang yang tidak mengenal Kristus justru melakukan kebaikan yang lebih besar dibanding kita. Namun, penghayatan utama orang Kristen adalah segala yang dilakukan, termasuk amal baik, tidak bisa dianggap sebagai pencapaian pribadi. Semua itu dilakukan karena Kristus sendiri yang hidup di dalam kita. Kristus hidup dan berkarya melalui diri setiap orang. Karena itu, marilah kita hadirkan Kristus setiap saat melalui perkataan dan perbuatan kita.

Doa: Tuhan, tolonglah kami menghadirkan Kristus dalam segenap hidup kami. [THIE]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2019/09/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Galatia+2:15-21
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Galatia+2:15-21

Galatia 2:15-21

15  Menurut kelahiran kami adalah orang Yahudi dan bukan orang berdosa dari bangsa-bangsa lain.
16  Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat.
17  Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang-orang berdosa, apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali-kali tidak.
18  Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.
19  Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus;
20  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
21  Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar