(e-RH) 8 Agustus -- Yosua 24:13-18 - BEGITULAH KITA JADINYA

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 8 Agustus 2019
Bacaan : Yosua 24:13-18
Setahun: Yesaya 38-42
Nats: "... pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah ...." (Yosua 24:15)

Renungan:

BEGITULAH KITA JADINYA

"A retired husband is often a wife's fulltime job, " kata Ella Harris. Suami yang pensiun sering menjadi beban bagi istrinya. Ella Harris berbicara tentang sebuah fakta: Memasuki masa pensiun, banyak orang-pria maupun wanita- menjadi beban bagi sesama karena perangai mereka berubah menjadi menyulitkan: rendah diri, terlalu sensitif, rewel, mudah marah, dan sebagainya. Tentu, tak semua pensiunan seperti itu. Namun, tak sedikitlah pensiunan yang memang demikian. Faktor apakah penentu semua itu?

"We are our choices, " kata Jean-Paul Sartre. "Kita adalah pilihan-pilihan kita." Kita menjadi seperti yang kita pilih: Menjadi pemarah atau penyabar adalah pilihan kita. Menjadi terlalu sensitif atau berlapang dada, itu pun karena pilihan kita. Kita mudah tersinggung jika kita memilih untuk mudah tersinggung, dan selalu penuh maklum jika kita sungguh memilih untuk selalu penuh maklum.

Umat Tuhan akan memasuki Kanaan: tahap baru, situasi baru, tantangan baru. Sikap yang sesuai sangatlah dibutuhkan. Pesan Yosua, "Pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah" (ay. 15). Memilih "kepada siapa kamu akan beribadah" adalah langkah yang amat penting. Itu adalah memilih pusat hidup, memilih tujuan hidup, pilihan yang menentukan apa jadinya mereka dalam hidup.

Demikianlah. Di tahap purna tugas (dan tahap mana pun dalam hidup), dengan memandang Sang Pusat Hidup, pilihan kitalah yang menentukan apa jadinya kita: menjadi beban bagi sesama (seperti kata Ella Harris), atau justru menjadi berkat. --EE/www.renunganharian.net
   
SESUNGGUHNYA, PILIHAN KITALAH YANG MENENTUKAN APA JADINYA KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/08/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2019/08/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yosua+24:13-18

Yosua 24:13-18

13  Demikianlah Kuberikan kepadamu negeri yang kamu peroleh tanpa bersusah-susah dan kota-kota yang tidak kamu dirikan, tetapi kamulah yang diam di dalamnya; juga kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun yang tidak kamu tanami, kamulah yang makan hasilnya.
14  Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada TUHAN.
15  Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!"
16  Lalu bangsa itu menjawab: "Jauhlah dari pada kami meninggalkan TUHAN untuk beribadah kepada allah lain!
17  Sebab TUHAN, Allah kita, Dialah yang telah menuntun kita dan nenek moyang kita dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan, dan yang telah melakukan tanda-tanda mujizat yang besar ini di depan mata kita sendiri, dan yang telah melindungi kita sepanjang jalan yang kita tempuh, dan di antara semua bangsa yang kita lalui,
18  TUHAN menghalau semua bangsa dan orang Amori, penduduk negeri ini, dari depan kita. Kamipun akan beribadah kepada TUHAN, sebab Dialah Allah kita."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Yesaya+38-42
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+38-42

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2019 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar