(e-RH) 27 Desember -- Kolose 3:5-17 - HUKUM KARMA

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 27 Desember 2018
Bacaan : Kolose 3:5-17
Setahun: Wahyu 12-13
Nats: Di atas semuanya itu: Kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. (Kolose 3:14)

Renungan:

HUKUM KARMA

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal istilah karma. Intinya, perbuatan yang kita lakukan pada seseorang akan berbalik kepada kita. Jika kita melakukan yang baik, kita juga akan mendapatkan balasan kebaikan. Sebaliknya, jika kita melakukan yang jahat, orang juga akan berbuat jahat pada kita.

Dalam hubungan kita dengan Tuhan, kita sering kali juga menerapkan hukum karma ini. Ada kecenderungan kita untuk hitung-hitungan dengan Dia. Kita berpikir karena kita sudah melakukan suatu pelayanan bagi-Nya, wajarlah jika Dia membalas dengan memberkati kita. Kita berpikir bahwa kita akan menerima berkat Tuhan berbanding lurus dengan pelayanan yang sudah kita lakukan atau persembahan yang kita berikan. Sebaliknya, kita berpikir kalau kita "jahat" kepada-Nya, Dia akan menghukum kita dengan sakit-penyakit atau hal-hal buruk lainnya.

Akan tetapi, dalam hubungan dengan Tuhan, hukum karma tidak berlaku. Allah membangun hubungan dengan kita berdasarkan kasih. Kasih tidak mengenal hitung-hitungan. Kasih itu memberi, bukan menuntut. Kasih tidak memikirkan pamrih. Kasih tidak membalas kejahatan dengan kejahatan.

Itulah sebabnya kita tidak bisa bermain hitung-hitungan dengan-Nya. Dia akan memberkati kita bukan berdasarkan pelayanan atau persembahan kita, melainkan karena kasih-Nya. Jadi, kita tidak membangun hubungan kita dengan-Nya berdasarkan karma, tetapi berdasarkan kasih. Biarlah kasih menjadi pengikat antara kita dan Allah sehingga hubungan kita menjadi hubungan yang manis. --DP/www.renunganharian.net
   
HUBUNGAN YANG DIBANGUN BERDASARKAN KASIH TIDAK BERFOKUS PADA APA YANG KITA DAPATKAN, TETAPI PADA APA YANG BISA KITA BERIKAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/12/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/12/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kolose+3:5-17

Kolose 3:5-17

 5  Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,
 6  semuanya itu mendatangkan murka Allah (atas orang-orang durhaka).
 7  Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya.
 8  Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
 9  Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,
10  dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;
11  dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu.
12  Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.
13  Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.
14  Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.
15  Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.
16  Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.
17  Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Wahyu+12-13
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Wahyu+12-13

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2018 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar