(e-SH) 12 Oktober -- Keluaran 8:16-19 - Belum Diizinkan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 12 Oktober 2018
Ayat SH: Keluaran 8:16-19

Judul: Belum Diizinkan

Kata "izin", biasanya, berkaitan dengan syarat tertentu. Misalnya, jika Budi sudah punya Surat Izin Mengemudi (SIM), ayah mengizinkannya mengendarai motor sendiri. Contoh lain, jika Rina juara kelas, maka ibu akan memasak makan favoritnya. Hal-hal demikian menyiratkan sebuah keinginan. Akan tetapi, keinginan itu baru terpenuhi, kalau kita sudah memenuhi tuntutan yang ditetapkan sebelumnya.

Harun dan Musa juga sedang memperjuangkan izin kebebasan bangsa Israel dari Mesir. Firaun masih saja menahan bangsa itu dengan mengandalkan para ahli sihirnya. Alkitab mencatat, ternyata mereka pun bisa melakukan persis seperti apa yang Musa lakukan.

Nas hari ini tentang tulah ketiga. Allah berfirman kepada Musa agar Harun mengulurkan tongkatnya dan memukul ke debu tanah. Setelah itu, debu tersebut berubah menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir (16). Para ahli sihir Mesir mencoba berbuat hal serupa. Akan tetapi, kali ini, mereka gagal (18).

Lantas, apakah Israel langsung mendapat izin untuk keluar dari Mesir? Ternyata Firaun tetap tidak memberikan. Para ahli Mesir, malahan, sudah mengakui, "Inilah tangan Allah" (19). Meskipun begitu, Firaun tetap mengeraskan hati. Sebenarnya, itu harus terjadi, karena demikianlah firman Tuhan.

Orangtua yang baik pasti mendidik anaknya dengan kasih. Namun, kita jangan salah mengerti. Tanda mengasihi bukan berarti setiap permintaan anak harus langsung dipenuhi. Orangtua yang bijak selalu punya pertimbangan terhadap permohonan anaknya. Hanya dengan begitulah, anak belajar untuk menjadi dewasa.

Allah mengeraskan hati Firaun. Artinya, Allah jugalah yang belum mengizinkan Israel keluar dari tanah Mesir. Ini bagian dari pembelajaran penting. Tujuannya agar bangsa Israel merasakan kasih Allah dalam usaha memperjuangkan kebebasan mereka.

Doa: Tuhan, berikan kami hati yang sabar. Secara khusus, ketika harus menanti jawaban-Mu dalam setiap rancangan di kehidupan kami. Sebab, kami yakin bahwa rencana-Mu selalu berujung indah. [KT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/10/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+8:16-19
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+8:16-19

Keluaran 8:16-19

16  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tongkatmu dan pukulkanlah itu ke debu tanah, maka debu itu akan menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir."
17  Lalu mereka berbuat demikian; Harun mengulurkan tangannya dengan tongkatnya dan memukulkannya ke debu tanah, maka nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang. Segala debu tanah menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir.
18  Para ahli itupun membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu manteranya untuk mengadakan nyamuk-nyamuk, tetapi mereka tidak dapat. Demikianlah nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang.
19  Lalu berkatalah para ahli itu kepada Firaun: "Inilah tangan Allah[1:1729]." Tetapi hati Firaun berkeras, dan ia tidak mau mendengarkan mereka--seperti yang telah difirmankan TUHAN.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar