(e-SH) 25 September -- Kisah Para Rasul 18:18-23 - Hangat-hangat Tahi Ayam

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 25 September 2018
Ayat SH: Kisah Para Rasul 18:18-23

Judul: Bukan Hangat-hangat Tahi Ayam

Peribahasa "Hangat-hangat tahi Ayam" menjelaskan sebuah kemauan yang tidak tetap, tidak serius, dan gampang berubah. Keadaan semacam ini harus diperhatikan dalam kehidupan iman kita. Dalam setiap kenyataan hidup imanlah yang membuat seseorang bertahan untuk hidup sesuai kehendak-Nya.

Paulus memilih untuk tetap berada di Korintus, walaupun ia tahu bahwa di situ ada kelompok orang yang tidak suka kehadirannya (18). Setelah dirasakan cukup lama berada di situ dan situasi jemaat menjadi lebih baik, maka ia pamit diri untuk pergi ke Siria. Paulus tidak mungkin selamanya di Korintus. Paulus pergi dari Korintus dengan perasaan sukacita. Sehingga ia mencukur rambutnya sesuai dengan nazar yang dilakukannya.

Akhirnya Paulus, yang ditemani oleh Akwila dan Priska, sampai di Efesus. Kemudian ia pergi ke rumah ibadat orang Yahudi dan berbicara di situ (19). Rupanya apa yang dibicarakan Paulus disukai oleh orang-orang di situ sehingga mereka meminta Paulus untuk lebih lama tinggal (20). Hal itu tidak dapat dipenuhi oleh Paulus karena ia harus pergi ke tempat lain untuk memberitakan Yesus adalah Mesias. Namun demikian, Paulus berjanji akan mengunjungi jemaat Efesus lagi jika Allah menghendaki (20). Paulus pun melanjutkan perjalannya ke Kaisarea, Antiokhia, Galatia, dan Firgia (22-23).

Kita perlu meneladani semangat penginjilan Paulus. Ia konsisten menjaga semangat dan sukacitanya dalam Kristus. Ia sangat serius dalam menyampaikan Injil dalam setiap kesempatan. Ia tidak membiarkan dirinya tenggelam dalam kenyamanan dan perasaan puas diri. Sebab, Paulus menyadari bahwa hal itu dapat membuatnya kendor dalam pemberitaan Injil di tempat lainnya. Ia terus-menerus mendatangi saudara seiman di berbagai tempat. Marilah kita meneguhkan iman percaya kepada Yesus Kristus dan bertekad untuk memberitakan-Nya dalam kehidupan ini.

Doa: Ya Tuhan, teguhkan semangat kami untuk menjadi saksi Kristus dalam kehidupan ini. [JS]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/09/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+18:18-23
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+18:18-23

Kisah Para Rasul 18:18-23

18  Paulus tinggal beberapa hari lagi di Korintus. Lalu ia minta diri kepada saudara-saudara di situ, dan berlayar ke Siria, sesudah ia mencukur rambutnya di Kengkrea, karena ia telah bernazar. Priskila dan Akwila menyertai dia.
19  Lalu sampailah mereka di Efesus. Paulus meninggalkan Priskila dan Akwila di situ. Ia sendiri masuk ke rumah ibadat dan berbicara dengan orang-orang Yahudi.
20  Mereka minta kepadanya untuk tinggal lebih lama di situ, tetapi ia tidak mengabulkannya.
21  Ia minta diri dan berkata: "Aku akan kembali kepada kamu, jika Allah menghendakinya." Lalu bertolaklah ia dari Efesus.
22  Ia sampai di Kaisarea dan setelah naik ke darat dan memberi salam kepada jemaat, ia berangkat ke Antiokhia.
23  Setelah beberapa hari lamanya ia tinggal di situ, ia berangkat pula, lalu menjelajahi seluruh tanah Galatia dan Frigia untuk meneguhkan hati semua murid.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar