(e-SH) 21 September -- Kisah Para Rasul 17:1-9 - Salah Paham dan Gagal Paham

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 21 September 2018
Ayat SH: Kisah Para Rasul 17:1-9

Judul: Salah Paham dan Gagal Paham

Pastilah kita pernah mengalami apa yang disebut dengan salah paham. Berawal dari kesalahpahaman dalam berkomunikasi membuat kita akhirnya gagal untuk memahami. Efek dari kesalahpahaman adalah tindakan responsif, emosi, dan kemarahan yang ditujukan kepada orang lain. Hal tersebut tentu akan merugikan orang lain, juga diri kita sendiri.

Beberapa kalangan Yahudi yang ada di Tesalonika mengalami kesalahpahaman dengan kesaksian yang disampaikan Paulus dan Silas. Kesalahpahaman menyebabkan mereka menjadi brutal. Dengan membabi buta, mereka menyampaikan tuduhan yang tak beralasan. Kalangan Yahudi yang dibantu oleh beberapa preman pasar iri hati dengan Paulus dan Silas (5). Mereka menyampaikan tuduhan bahwa Paulus dan Silas bertindak melawan Kaisar dengan memercayai ada seorang Raja lain yang bernama Yesus (6). Mereka tidak percaya karena mereka tidak memahami seperti sejumlah orang Yunani dan beberapa perempuan terkemuka. Mereka menerima Yesus karena hati dan pikiran mereka dibukakan oleh kebenaran Allah (3, 4).

Keterampilan mendengarkan dengan baik dimulai dengan sikap hati dan pikiran yang terbuka. Orang yang bisa mendengar dengan baik akan dapat memahami dengan baik, dan pada akhirnya mengerti makna dan pesan tersebut. Orang yang mau belajar memahami dan mengerti adalah orang yang mau dituntun dalam kebijaksanaan. Cepat untuk mendengar, lambat untuk berkata-kata, dan bertindak dengan hati-hati.

Belajarlah mendengar dan memahami suara Allah sehingga kita dapat mengerti apa yang semestinya diperbuat dalam kehidupan kita. Seperti halnya beberapa orang Yunani dan perempuan terkemuka yang merespons anugerah Allah karena mereka mendengar suara Allah, yang mengetuk pintu hati mereka. Mereka melakukan kehendak Allah dengan bergabung dalam komunitas Paulus dan Silas.

Doa: Tuhan, ajari saya untuk belajar mengerti akan suara-Mu sehingga paham apa yang seharusnya saya lakukan. [YNB]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/09/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+17:1-9
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+17:1-9

Kisah Para Rasul 17:1-9

 1  Paulus dan Silas mengambil jalan melalui Amfipolis dan Apolonia dan tiba di Tesalonika. Di situ ada sebuah rumah ibadat orang Yahudi.
 2  Seperti biasa Paulus masuk ke rumah ibadat itu. Tiga hari Sabat berturut-turut ia membicarakan dengan mereka bagian-bagian dari Kitab Suci.
 3  Ia menerangkannya kepada mereka dan menunjukkan, bahwa Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, lalu ia berkata: "Inilah Mesias, yaitu Yesus, yang kuberitakan kepadamu."
 4  Beberapa orang dari mereka menjadi yakin dan menggabungkan diri dengan Paulus dan Silas dan juga sejumlah besar orang Yunani yang takut kepada Allah, dan tidak sedikit perempuan-perempuan terkemuka.
 5  Tetapi orang-orang Yahudi menjadi iri hati dan dengan dibantu oleh beberapa penjahat dari antara petualang-petualang di pasar, mereka mengadakan keributan dan mengacau kota itu. Mereka menyerbu rumah Yason dengan maksud untuk menghadapkan Paulus dan Silas kepada sidang rakyat.
 6  Tetapi ketika mereka tidak menemukan keduanya, mereka menyeret Yason dan beberapa saudara ke hadapan pembesar-pembesar kota, sambil berteriak, katanya: "Orang-orang yang mengacaukan seluruh dunia telah datang juga ke mari,
 7  dan Yason menerima mereka menumpang di rumahnya. Mereka semua bertindak melawan ketetapan-ketetapan Kaisar dengan mengatakan, bahwa ada seorang raja lain, yaitu Yesus."
 8  Ketika orang banyak dan pembesar-pembesar kota mendengar semuanya itu, mereka menjadi gelisah.
 9  Tetapi setelah mereka mendapat jaminan dari Yason dan dari saudara-saudara lain, merekapun dilepaskan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar