(e-RH) 12 Juni -- Kejadian 48:8-16 - GEMBALA YANG BAIK

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 12 Juni 2018
Bacaan : Kejadian 48:8-16
Setahun: Ester 1-3
Nats: "Allah itu, sebagai Allah yang telah menjadi gembalaku selama hidupku sampai sekarang." (Kejadian 48:15b)

Renungan:

GEMBALA YANG BAIK

Saat berlibur ke desa, saya melihat gembala duduk mengamati domba-domba yang sedang merumput di tanah lapang. Gembala itu memastikan domba-domba itu ada dalam kerumunan dan tidak terpisah. Sambil menikmati angin sepoi-sepoi, ia menuntun dombanya melewati sungai untuk minum dan memandikan domba yang bulunya kotor. Sungguh bahagia melihat domba-domba itu dirawat dengan sepenuh hati oleh gembala mereka.

Saat memberkati Efraim dan Manasye, Yakub berdoa, "Allah yang telah menjadi gembalaku selama hidupku sampai sekarang... kiranya memberkati orang-orang muda ini..." (ay. 15-16). Hubungan Allah dengan Yakub digambarkan seperti gembala yang mengasuh dombanya. Yakub sadar bahwa selama hidupnya, Allah menjadi gembala yang baik bagi dirinya. Sebagai orang yang dikasihi dan digembalakan oleh Allah, ia juga merasakan Allah menolongnya saat bahaya (ay. 16). Tidak hanya itu, nama Abraham dan Ishak masyhur karena mereka hidup dalam penggembalaan Allah juga (ay. 16). Jadi, warisan yang diturunkan Yakub kepada Efraim dan Manasye merupakan warisan imannya saat mengenal Allah.

Menjadi anak Allah, kita juga menikmati pengalaman digembalakan oleh Allah. Suka dan duka kita lewati bersama-Nya. Sebagai gembala yang baik, Allah itu setia dan tidak pernah meninggalkan kita. Kiranya Allah membuat hati kita rela untuk terus dibimbing-Nya melalui firman-Nya setiap hari. Bimbingan Allah menolong kita dapat mewariskan pengalaman iman ke generasi selanjutnya. --YDS/www.renunganharian.net
   
SEBAGAI GEMBALA YANG BAIK, TIDAK MUNGKIN ALLAH MENINGGALKAN KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/06/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/06/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+48:8-16

Kejadian 48:8-16

 8  Ketika Israel melihat anak-anak Yusuf itu, bertanyalah ia: "Siapakah ini?"
 9  Jawab Yusuf kepada ayahnya: "Inilah anak-anakku yang telah diberikan Allah kepadaku di sini." Maka kata Yakub: "Dekatkanlah mereka kepadaku, supaya kuberkati mereka."
10  Adapun mata Israel telah kabur karena tuanya, jadi ia tidak dapat lagi melihat. Kemudian Yusuf mendekatkan mereka kepada ayahnya: dan mereka dicium serta didekap oleh ayahnya.
11  Lalu berkatalah Israel kepada Yusuf: "Tidak kusangka-sangka, bahwa aku akan melihat mukamu lagi, tetapi sekarang Allah bahkan memberi aku melihat keturunanmu."
12  Lalu Yusuf menarik mereka dari antara lutut ayahnya, dan ia sujud dengan mukanya sampai ke tanah.
13  Setelah itu Yusuf memegang mereka keduanya, dengan tangan kanan dipegangnya Efraim, yaitu di sebelah kiri Israel, dan dengan tangan kiri Manasye, yaitu di sebelah kanan Israel, lalu didekatkannyalah mereka kepadanya.
14  Tetapi Israel mengulurkan tangan kanannya dan meletakkannya di atas kepala Efraim, walaupun ia yang bungsu, dan tangan kirinya di atas kepala Manasye--jadi tangannya bersilang, walaupun Manasye yang sulung.
15  Sesudah itu diberkatinyalah Yusuf, katanya: "Nenekku dan ayahku, Abraham dan Ishak, telah hidup di hadapan Allah; Allah itu, sebagai Allah yang telah menjadi gembalaku selama hidupku sampai sekarang,
16  dan sebagai Malaikat yang telah melepaskan aku dari segala bahaya, Dialah kiranya yang memberkati orang-orang muda ini, sehingga namaku serta nama nenek dan bapaku, Abraham dan Ishak, termasyhur oleh karena mereka dan sehingga mereka bertambah-tambah menjadi jumlah yang besar di bumi."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Ester+1-3
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ester+1-3

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar