(e-RH) 28 April -- Lukas 8:26-39 - MERASA TERANCAM

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 28 April 2018
Bacaan : Lukas 8:26-39
Setahun: 1 Raja-Raja 16-18
Nats: "Pulanglah ke rumahmu dan ceritakanlah segala sesuatu yang telah diperbuat Allah kepadamu." Orang itu pun pergi ke seluruh kota dan memberitahukan segala sesuatu yang telah diperbuat Yesus atas dirinya. (Lukas 8:39)

Renungan:

MERASA TERANCAM

Seorang lelaki Gerasa kerasukan setan. Hidupnya liar. Ia tidak berpakaian, tinggal di pekuburan, dan setan sering menyeretnya sehingga ia dirantai dan dibelenggu. Melihat kehadiran Yesus, setan-setan menjadi takut sebab mereka tahu Yesus adalah Anak Allah yang Mahatinggi. Yesus pun menyelamatkan lelaki itu dengan memerintahkan setan-setan itu memasuki kawanan babi, yang lalu terjun ke danau dan mati lemas.

Orang-orang pun berdatangan. Alih-alih bersukacita atas kesembuhan lelaki tadi dan ingin mengenal Yesus lebih dekat, mereka justru merasa terancam sehingga meminta Yesus pergi. Mereka khawatir bila Yesus mengubah banyak hal dalam diri mereka, atau meminta mereka meninggalkan kebiasaan hidup lama. Bisa jadi mereka merasa terancam secara ekonomis juga karena peternakan babi adalah lahan bisnis mereka.

Sebaliknya, lelaki yang telah pulih itu memohon supaya diizinkan mengikuti-Nya. Namun Yesus menyuruhnya pulang dan bersaksi tentang perjumpaan itu. Keselamatan yang diperolehnya tidak hanya mengubahnya secara radikal, tetapi juga memotivasinya untuk bersaksi ke seluruh kota.

Tuhan menawarkan keselamatan kepada semua orang. Namun, keselamatan-Nya justru dapat dianggap ancaman bagi jiwa yang enggan diubahkan. Hanya mereka yang mau percaya kepada-Nya yang berkesempatan menerima anugerah-Nya. Percaya bukan sekadar mengakui keberadaan-Nya, melainkan membuka diri dan mengizinkan Dia membersihkan hidup kita dari segala hal yang tidak sesuai dengan jati diri Kristus. --EBL/www.renunganharian.net
   
YESUS MENJADI ANCAMAN BAGI JIWA YANG ENGGAN DIPULIHKAN, TETAPI MENUMBUHKAN IMAN BAGI MEREKA YANG MENYAMBUT KESELAMATAN-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/04/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/04/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+8:26-39

Lukas 8:26-39

26  Lalu mendaratlah Yesus dan murid-murid-Nya di tanah orang Gerasa yang terletak di seberang Galilea.
27  Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.
28  Ketika ia melihat Yesus, ia berteriak lalu tersungkur di hadapan-Nya dan berkata dengan suara keras: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi? Aku memohon kepada-Mu, supaya Engkau jangan menyiksa aku."
29  Ia berkata demikian sebab Yesus memerintahkan roh jahat itu keluar dari orang itu. Karena sering roh itu menyeret-nyeret dia, maka untuk menjaganya, ia dirantai dan dibelenggu, tetapi ia memutuskan segala pengikat itu dan ia dihalau oleh setan itu ke tempat-tempat yang sunyi.
30  Dan Yesus bertanya kepadanya: "Siapakah namamu?" Jawabnya: "Legion," karena ia kerasukan banyak setan.
31  Lalu setan-setan itu memohon kepada Yesus, supaya Ia jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut.
32  Adalah di sana sejumlah besar babi sedang mencari makan di lereng gunung, lalu setan-setan itu meminta kepada Yesus, supaya Ia memperkenankan mereka memasuki babi-babi itu. Yesus mengabulkan permintaan mereka.
33  Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas.
34  Setelah penjaga-penjaga babi itu melihat apa yang telah terjadi, mereka lari lalu menceritakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya.
35  Dan keluarlah orang-orang untuk melihat apa yang telah terjadi. Mereka datang kepada Yesus dan mereka menjumpai orang yang telah ditinggalkan setan-setan itu duduk di kaki Yesus; ia telah berpakaian dan sudah waras. Maka takutlah mereka.
36  Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu memberitahukan kepada mereka, bagaimana orang yang dirasuk setan itu telah diselamatkan.
37  Lalu seluruh penduduk daerah Gerasa meminta kepada Yesus, supaya Ia meninggalkan mereka, sebab mereka sangat ketakutan. Maka naiklah Ia ke dalam perahu, lalu berlayar kembali.
38  Dan orang yang telah ditinggalkan setan-setan itu meminta supaya ia diperkenankan menyertai-Nya. Tetapi Yesus menyuruh dia pergi, kata-Nya:
39  "Pulanglah ke rumahmu dan ceriterakanlah segala sesuatu yang telah diperbuat Allah atasmu." Orang itupun pergi mengelilingi seluruh kota dan memberitahukan segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?1+Raja-Raja+16-18
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Raja-Raja+16-18

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar