(e-SH) 26 Februari -- Markus 10:35-45 - Menjadi Pembesar

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 26 Februari 2018
Ayat SH: Markus 10:35-45

Judul: Menjadi Pembesar

Kita bisa menduga Yesus menangis kecewa, ketika Yakobus dan Yohanes dengan bebasnya mengutarakan ambisi mereka untuk memperoleh kedudukan terhormat sama seperti yang dikejar oleh para penguasa dunia ini. Yesus sedih karena mereka tidak berhasil melihat esensi pelayanan-Nya. Yakobus dan Yohanes mengira perjuangan Yesus selama ini sama seperti perjuangan para pemimpin pergerakan politik lainnya. Menggapai takhta kekuasaan dan mereka kelak menjadi orang utama yang diperhitungkan dalam kekuasaan itu. Mereka berharap bila kemenangan sudah diraih dan perjuangan sudah tuntas, mereka bermaksud untuk menjadi para menteri utama di negara yang dipimpin oleh Yesus.

Dari pernyataan mereka ini terlihat apa artinya menjadi 'orang besar'. Menurut mereka, 'orang besar' adalah orang yang memiliki jabatan atau menjadi pejabat pemerintahan atau pejabat kerajaan. Yesus menjelaskan kepada mereka bahwa kebesaran atau kemuliaan seseorang tidak datang melalui jabatan tertentu, apa pun jabatan itu; entah menteri, presiden, raja, dan lain sebagainya. Karena itu, kata Yesus, "siapa yang ingin menjadi besar hendaklah ia menjadi pelayan, dan siapa yang ingin menjadi terkemuka/terpandang/terhormat hendaklah ia menjadi hamba bagi semuanya." (43, 44).

Kebesaran dan kemuliaan tidak datang mengiringi begitu saja orang yang menjabat suatu jabatan, baik dalam suatu perusahaan atau pemerintahan. Akan tetapi, jabatan biasanya akan mengiringi orang-orang yang memiliki kebesaran jiwa atau orang yang berjiwa besar. Ciri orang yang berjiwa besar adalah ia tidak akan mengejar jabatan atau kedudukan tertentu dan tidak takut kehilangan jabatan atau kehormatan dan wibawanya, melainkan ia akan rela merendahkan diri dan melayani.

Menjadi besar dan terkemuka adalah hal yang diperoleh karena melayani dan menghamba. Apakah Anda ingin menjadi pembesar di Kerajaan Allah? Mulai pikirkanlah syarat-syaratnya! Itu berarti Anda harus mau dan mampu melayani sesama. [ETY]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/02/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Markus+10:35-45
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Markus+10:35-45

Markus 10:35-45

35  Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!"
36  Jawab-Nya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?"
37  Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu."
38  Tetapi kata Yesus kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?"
39  Jawab mereka: "Kami dapat." Yesus berkata kepada mereka: "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima.
40  Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."
41  Mendengar itu kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes.
42  Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.
43  Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,
44  dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.
45  Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar