(e-SH) 15 Februari -- Markus 9:2-13 - Dengarkanlah Dia

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 15 Februari 2018
Ayat SH: Markus 9:2-13

Judul: Dengarkanlah Dia

Transfigurasi atau peristiwa Yesus dimuliakan di gunung, bertemu dengan Musa dan Elia dalam kemuliaan terjadi pada saat menentukan dalam karya Yesus. Ia tahu bahwa para pemuka Yahudi berniat membinasakan-Nya sementara banyak orang tidak mengetahuinya. Di sisi lain, para murid mengakui Dia sebagai Mesias, namun dengan pemahaman kemesiasan yang tidak tepat.

Enam hari setelah pemberitahuan pertama tentang penderitaan-Nya, Yesus mengajak Petrus, Yakobus, dan Yohanes naik ke sebuah gunung yang tinggi (2). Di depan ketiga murid itu Yesus berubah rupa dan pakaian-Nya sangat berkilat-kilat (3). Bersama Yesus tampak Musa dan Elia. Keduanya berbicara dengan Yesus (4). Petrus sangat bahagia melihat hal itu dan berniat membuat kemah bagi Yesus, Musa dan Elia. Ia seolah mau berkata begini: "Keadaan mulia ini cocok dengan harapan kami akan Mesias. Biarlah kami membuat hal ini abadi dengan membuat kemah bagi mereka". Dengan demikian, Petrus masih belum bisa menangkap makna kemesiasan Yesus. Markus menyebut tindakan Petrus itu sebagai ketidaktahuan (6). Setelah Petrus berkata demikian, datanglah awan menaungi mereka. Dari awan itu terdengar suara dari Bapa, "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia" (7). Suara Bapa itu menegaskan kepada para murid agar mereka hanya mendengarkan suara Yesus saja. Kemesiasan Yesus tidak seperti yang dipikirkan Petrus. Ia akan mencapai kemuliaan-Nya dengan melewati ke-matian. Karena itu, Yesus melarang Petrus, Yakobus, dan Yohanes menceritakan peristiwa itu kepada banyak orang (9). Tujuannya adalah supaya banyak orang hanya mendengarkan suara Yesus, bukan suara Petrus, Yakobus, dan Yohanes yang belum me-ngerti maksud kemesiasan-Nya.

Dengarkanlah Dia! Seruan itu bukan seruan asing. Sejak peristiwa baptisan Yesus, suara itu sudah bergema. Sebab banyak orang yang masih mendengar suaranya sendiri dan bukan suara Yesus. Sudahkah Anda mendengarkan suara-Nya? [WSP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/02/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Markus+9:2-13
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Markus+9:2-13

Markus 9:2-13

 2  Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka,
 3  dan pakaian-Nya sangat putih berkilat-kilat. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang dapat mengelantang pakaian seperti itu.
 4  Maka nampaklah kepada mereka Elia bersama dengan Musa, keduanya sedang berbicara dengan Yesus.
 5  Kata Petrus kepada Yesus: "Rabi, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
 6  Ia berkata demikian, sebab tidak tahu apa yang harus dikatakannya, karena mereka sangat ketakutan.
 7  Maka datanglah awan menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara: "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia."
 8  Dan sekonyong-konyong waktu mereka memandang sekeliling mereka, mereka tidak melihat seorangpun lagi bersama mereka, kecuali Yesus seorang diri.
 9  Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka, supaya mereka jangan menceriterakan kepada seorangpun apa yang telah mereka lihat itu, sebelum Anak Manusia bangkit dari antara orang mati.
10  Mereka memegang pesan tadi sambil mempersoalkan di antara mereka apa yang dimaksud dengan "bangkit dari antara orang mati."
11  Lalu mereka bertanya kepada-Nya: "Mengapa ahli-ahli Taurat berkata, bahwa Elia harus datang dahulu?"
12  Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dahulu dan memulihkan segala sesuatu. Hanya, bagaimanakah dengan yang ada tertulis mengenai Anak Manusia, bahwa Ia akan banyak menderita dan akan dihinakan?
13  Tetapi Aku berkata kepadamu: Memang Elia sudah datang dan orang memperlakukan dia menurut kehendak mereka, sesuai dengan yang ada tertulis tentang dia."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar