(e-RH) 11 Januari -- Kejadian 16:1-6 - TIDAK SABAR

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 11 Januari 2018
Bacaan : Kejadian 16:1-6
Setahun: Kejadian 31-33
Nats: Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu ... lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya. (Kejadian 16:3)

Renungan:

TIDAK SABAR

Sebelum seekor kupu-kupu cantik muncul, ia terlebih dahulu harus terkurung dalam fase kepompong. Seseorang yang membantu kupu-kupu keluar dari kepompong hanya akan membuat kupu-kupu terlahir tidak sempurna. Kekuatan sayap kupu-kupu terbentuk dari kesabarannya untuk keluar dari kepompong.

Abraham (yang sebelumnya bernama Abram) berumur 75 tahun ketika dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan ditunjukkan Tuhan kepadanya. Tuhan juga memberikan janji untuk membuatnya menjadi suatu bangsa yang besar (Kej. 12:1-9). Sepuluh tahun kemudian, Abraham belum juga mendapatkan keturunan. Lalu Sarai, isterinya, memberikan Hagar, hamba perempuannya, untuk menjadi isteri Abraham (ay. 1-3). Mereka berpikir bahwa apa yang mereka lakukan dapat membantu Tuhan untuk menggenapkan janji- Nya. Hagar akhirnya mengandung seperti keinginan mereka tetapi hal itu memicu masalah baru. Ketika Hagar mengetahui dirinya mengandung anak Abraham, ia mulai memandang rendah Sarai (ay. 4).

Dalam kehidupan ini, seringkali Tuhan memberikan janji-Nya untuk kita. Tetapi seiring berjalannya waktu, kita merasa tangan Tuhan terlalu lambat untuk menggenapkan janji itu. Kita lalu berusaha membantu Tuhan dengan kekuatan dan pemikiran kita. Tidak jarang, apa yang kita lakukan justru menciptakan masalah baru. Mazmur 46:11a mengatakan, "Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah!" Bagian kita adalah memercayai Dia dan melakukan yang terbaik. Tuhan akan melakukan sisanya sebab Dia tahu pasti kapan diri-Nya harus bertindak. --LIN/www.renunganharian.net
   
PERCAYALAH BAHWA SETIAP JANJI ALLAH BAGI KITA AKAN DIGENAPI TEPAT PADA WAKTU-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/01/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/01/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+16:1-6

Kejadian 16:1-6

 1  Adapun Sarai, isteri Abram itu, tidak beranak. Ia mempunyai seorang hamba perempuan, orang Mesir, Hagar namanya.
 2  Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.
 3  Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, --yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan--,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya.
 4  Abram menghampiri Hagar, lalu mengandunglah perempuan itu. Ketika Hagar tahu, bahwa ia mengandung, maka ia memandang rendah akan nyonyanya itu.
 5  Lalu berkatalah Sarai kepada Abram: "Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetapi baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku dan engkau."
 6  Kata Abram kepada Sarai: "Hambamu itu di bawah kekuasaanmu; perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik." Lalu Sarai menindas Hagar, sehingga ia lari meninggalkannya.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+31-33
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+31-33

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar