(e-SH) 19 Desember -- Daniel 11:20-35 - Kotor vs Kudus

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 19 Desember 2017
Ayat SH: Daniel 11:20-35

Judul: Kotor vs Kudus

Setelah raja negeri Utara mati dalam peperangan, ia diganti oleh penguasa baru. Raja yang baru naik takhta ini banyak melakukan perubahan dalam kerajaannya. Ia bertindak baik dan adil. Penguasa baru itu memungut pajak dan menjalani bagian terindah dalam kerajaan. Beberapa hari setelah menjadi penguasa, ia dibinasakan. Dalam hal ini, tidak dijelaskan apa penyebab kematiannya (20).

Kekuasaan raja Utara digantikan oleh adiknya. Perilaku hidupnya tidak sebaik kakaknya. Ia seorang yang tamak, hina, dan licik. Kelicikannya tampak dalam berbagai tindakan yang memalukan bangsanya. Ia mendapat kekuasaan dengan berbagai cara licik, yaitu menyingkirkan kakaknya sendiri (21). Tentara kerajaan yang tidak loyal kepadanya dihancurkan (22). Ia berlaku curang terhadap semua orang yang bekerja sama dengannya (23). Siasat perang dilakukan dengan keculasan yang belum pernah dilakukan oleh nenek moyangnya (24).

Ketika berperang melawan kerajaan Selatan, ia dipaksa mundur dalam peperangan karena kerajaan Selatan lebih kuat. Rasa malunya dilampiaskan pada Perjanjian Kudus dalam amarah yang bernyala-nyala (30). Yang dimaksud dengan Perjanjian Kudus adalah orang-orang Yahudi yang memelihara kekudusan Tuhan sekalipun berada di negeri Babel. Akhirnya para tentara menajiskan tempat kudus dan membinasakan orang-orang Yahudi yang setia kepada Allah (31-32).

Pembantaian sadis membuat sebagian orang kudus Allah menjadi korban penguasa zalim. Ternyata Allah tidak diam. Ia segera menolong umat yang setia berpegang kepada perjanjian-Nya (34). Namun, mereka yang mati dalam Tuhan tetap mendapatkan pengharapan. Namanya akan dibersihkan dan menjadi murni hingga akhir zaman.

Hidup kudus merupakan tuntutan bagi setiap orang yang percaya kepada Allah. Kehidupan yang kudus akan mengalami ujian yang berat. Apakah kita masih bisa mempertahankan iman kepada Allah? Bagi mereka yang setia, Allah akan memurnikan namanya hingga akhir zaman. [WSP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/12/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Daniel+11:20-35
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+11:20-35

Daniel 11:20-35

20  Menggantikan dia akan muncul seorang yang menyuruh seorang pemungut pajak menjalani bagian yang terindah dari kerajaan itu, tetapi beberapa hari kemudian ia akan dibinasakan, bukan oleh kemarahan atau oleh peperangan.
21  Menggantikan dia akan muncul seorang yang hina, yang tidak memperoleh martabat raja; tetapi dengan tak disangka-sangka ia akan datang merebut kedudukan raja dengan perbuatan-perbuatan licin.
22  Seluruh tentara yang datang melanda akan dihanyutkan di hadapannya dan dihancurkan, bahkan juga seorang raja Perjanjian.
23  Dan dari saat diadakan persekutuan dengan dia, ia akan berlaku curang, dan ia akan maju serta menjadi berkuasa, meskipun sedikit orang-orangnya.
24  Dengan tak disangka-sangka ia akan memasuki daerah-daerah yang paling subur dari negeri itu, dan melakukan apa yang belum pernah dilakukan oleh para bapa dan nenek moyangnya, yakni menghamburkan rampasan dan jarahan dan harta di antara orang-orangnya; juga terhadap tempat-tempat yang berbenteng ia membuat siasat, tetapi hanya untuk sementara waktu.
25  Kekuatan dan keberaniannya akan ditujukannya melawan raja negeri Selatan dengan memakai tentara yang besar; dan walaupun raja negeri Selatan itu akan bersiap untuk berperang dengan tentara yang amat besar dan kuat, ia tidak akan dapat bertahan, sebab akan diadakan siasat terhadap dia,
26  dan orang-orang yang makan dari santapannya akan meruntuhkannya: tentaranya akan hanyut dan banyak orangnya yang tewas dibunuh.
27  Dan kedua raja itu bermaksud jahat, dan sedang mereka duduk bersama-sama pada satu meja, mereka akan saling membohongi; tetapi hal itu tidak akan berhasil, sebab akhir zaman itu belum mencapai waktu yang ditetapkan.
28  Kemudian ia akan pulang ke negerinya dengan banyak harta, dan hatinya bermaksud menentang Perjanjian Kudus; dan itu dilakukannya, lalu pulang ke negerinya.
29  Pada waktu yang ditetapkan ia akan memasuki pula negeri Selatan, tetapi kali yang kedua ini tidak akan sama dengan yang pertama,
30  karena akan datang kapal-kapal orang Kitim melawan dia, sehingga hilanglah keberaniannya. Lalu pulanglah ia dengan hati mendendam terhadap Perjanjian Kudus dan ia akan bertindak: setelah pulang kembali, ia akan menujukan perhatiannya kepada mereka yang meninggalkan Perjanjian Kudus.
31  Tentaranya akan muncul, mereka akan menajiskan tempat kudus, benteng itu, menghapuskan korban sehari-hari dan menegakkan kekejian yang membinasakan.
32  Dan orang-orang yang berlaku fasik terhadap Perjanjian akan dibujuknya sampai murtad dengan kata-kata licin; tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak.
33  Dan orang-orang bijaksana di antara umat itu akan membuat banyak orang mengerti, tetapi untuk beberapa waktu lamanya mereka akan jatuh oleh karena pedang dan api, oleh karena ditawan dan dirampas.
34  Sementara jatuh, mereka akan mendapat pertolongan sedikit, dan banyak orang akan menggabungkan diri kepada mereka secara berpura-pura.
35  Sebagian dari orang-orang bijaksana itu akan jatuh, supaya dengan demikian diadakan pengujian, penyaringan dan pemurnian di antara mereka, sampai pada akhir zaman; sebab akhir zaman itu belum mencapai waktu yang telah ditetapkan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar