(e-RH) 26 Desember -- Ayub 1:1-12 - MURNI ATAU TERNODAI?

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 26 Desember 2017
Bacaan : Ayub 1:1-12
Setahun: Wahyu 9-11
Nats: Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah? Tetapi ulurkanlah tangan- Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu." (Ayub 1:9,11)

Renungan:

MURNI ATAU TERNODAI?

Teman saya akan berhenti dari pekerjaannya untuk mengikuti sekolah Akitab. Ia hendak memenuhi nazar yang diucapkannya ketika ibunya sakit keras. Saya bertanya padanya, andai ibunya tidak sakit keras, apakah ia mau sekolah Alkitab?

Iblis menuduh Ayub menyembah Tuhan karena mendapatkan imbalan. Iman Ayub tidak murni dan ternoda oleh pamrih. Secara tak langsung, Iblis juga menuduh bahwa Tuhan tidak layak disembah dan dikasihi; Tuhan harus menyuap manusia dengan berkat-Nya agar disembah. Ayub memang sempat meragukan keadilan Tuhan, tetapi dalam penderitaannya, Ayub tidak meninggalkan Tuhan dan terus berharap pada-Nya (Ayb. 16:19-20). Penderitaan membuktikan bahwa imannya, tak ternodai pamrih seperti tuduhan iblis.

Apakah kita melayani Tuhan karena menginginkan sesuatu dari Dia? Misalnya, melayani karena ingin disembuhkan dari penyakit berbahaya, karena ingin selalu dilimpahi berkat, ingin sukses dalam bisnis, atau ingin dilindungi. Iman yang tidak bernoda tidak berpamrih. Meskipun kita tidak memiliki apa-apa, seluruh dunia meninggalkan kita, harta milik kita lenyap, dan daging kita hancur, kita tetap merindukan-Nya sebagai kekasih, memuja-Nya sebagai Raja, tunduk pada-Nya sebagai penguasa hidup kita. Iman yang murni tidak bertanya apakah yang Tuhan lakukan saat saya menderita, tetapi apa yang bisa saya lakukan untuk memuliakan- Nya. Itulah iman yang murni, iman yang bernilai tinggi dan berharga di mata-Nya (1Pet. 1:7). --ES/www.renunganharian.net
   
PENDERITAAN IALAH KESEMPATAN MENILAI DIRI, APAKAH IMAN KITA MURNI DAN BERNILAI TINGGI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/12/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/12/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Ayub+1:1-12

Ayub 1:1-12

 1  Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.
 2  Ia mendapat tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan.
 3  Ia memiliki tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, lima ratus keledai betina dan budak-budak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga orang itu adalah yang terkaya dari semua orang di sebelah timur.
 4  Anak-anaknya yang lelaki biasa mengadakan pesta di rumah mereka masing-masing menurut giliran dan ketiga saudara perempuan mereka diundang untuk makan dan minum bersama-sama mereka.
 5  Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka sekalian, sebab pikirnya: "Mungkin anak-anakku sudah berbuat dosa dan telah mengutuki Allah di dalam hati." Demikianlah dilakukan Ayub senantiasa.
 6  Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.
 7  Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Dari mana engkau?" Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi."
 8  Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan."
 9  Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah?
10  Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.
11  Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu."
12  Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Wahyu+9-11
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Wahyu+9-11

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar