(e-SH) 9 September -- Obaja 1:8-16 - Pada Hari Malang, Berempatilah!

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 9 September 2017
Ayat SH: Obaja 1:8-16

Judul: Pada Hari Malang, Berempatilah!

Ketika seseorang mengalami kemalangan, saat itu juga akan terlihat siapa yang masih setia mengakuinya sebagai sahabat. Pada hari-hari malang, sebagian teman akan pergi dan sebagian mata akan memandang rendah. Apa yang dapat diharapkan dari seorang yang tengah mengalami kemalangan? Jangan-jangan kita juga ikut kena imbasnya.

Dalam pembuangan, situasi seperti ini yang sedang dialami keturunan Yehuda. Mereka sedang berada di pembuangan, namun orang-orang lain, khususnya Edom, tidak memiliki simpati terhadap mereka. Dalam nubuatnya, Nabi Obaja berkata, "Janganlah memandang rendah saudaramu pada hari kemalangannya" (12). Lagi, kata Nabi Obaja, "... jangan merenggut kekayaannya" (13).

Terkadang hidup kita berada pada posisi orang Yehuda. Terkadang juga berada pada posisi orang Edom. Ketika berada di posisi orang Yehuda, kita akan memahami apa artinya sebuah kemalangan, juga betapa berharganya sebuah empati. Namun, saat kita berada di posisi orang Edom, entah apa yang mendorong kita, sehingga kadang-kadang kita justru menggunakan kemalangan orang lain sebagai sebuah peluang untuk mengubahnya menjadi keberuntungan bagi kita. Kita "menggunakan kesempatan dalam kesempitan."

Nubuatan Nabi Obaja mengajarkan kepada kita, betapa sikap kita-yang tidak bersimpati dan memandang rendah seseorang yang sedang mengalami kemalangan-akan mendapat ganjaran dari Tuhan. Ganjarannya tidak jauh-jauh, yaitu apa yang kita lakukan akan kembali pada kita. "Perbuatanmu, " kata Nabi Obaja, "akan kembali menimpa kepalamu sendiri, " (15).

Nubuatan Nabi Obaja layaknya nasihat bagi kita. Para pembaca masa kini patut menyimaknya dengan baik nasihat tersebut. Kita diajak untuk berempati bersama dengan orang-orang yang mengalami kemalangan, entah yang sedang mengalami kebangkrutan, tertimpa bencana, kegagalan dalam studi, dan sebagainya. Pada hari-hari malang tersebut, baiklah kita tidak tergoda untuk memandang rendah, melainkan berempati. [LL]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/09/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Obaja+1:8-16
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Obaja+1:8-16

Obaja 1:8-16

 8  Bukankah pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melenyapkan orang-orang bijaksana dari Edom, dan pengertian dari pegunungan Esau?
 9  Juga para pahlawanmu, hai Teman, akan tertegun, supaya semua orang di pegunungan Esau lenyap terbunuh.
10  Karena kekerasan terhadap saudaramu Yakub, maka cela akan meliputi engkau, dan engkau akan dilenyapkan untuk selama-lamanya.
11  Pada waktu engkau berdiri di kejauhan, sedang orang-orang luar mengangkut kekayaan Yerusalem dan orang-orang asing memasuki pintu gerbangnya dan membuang undi atasnya, engkaupun seperti salah seorang dari mereka itu.
12  Janganlah memandang rendah saudaramu, pada hari kemalangannya, dan janganlah bersukacita atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; dan janganlah membual pada hari kesusahannya.
13  Janganlah masuk ke pintu gerbang umat-Ku pada hari sialnya, bahkan janganlah memandang ringan malapetaka yang menimpanya pada hari sialnya; dan janganlah merenggut kekayaannya pada hari sialnya.
14  Janganlah berdiri di persimpangan untuk melenyapkan orang-orangnya yang luput, dan janganlah serahkan orang-orangnya yang terlepas pada hari kesusahan.
15  Sebab telah dekat hari TUHAN menimpa segala bangsa. Seperti yang engkau lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu, perbuatanmu akan kembali menimpa kepalamu sendiri.
16  Sesungguhnya, seperti kamu telah minum di atas gunung-Ku yang kudus, segala bangsapun akan minum dengan tidak henti-hentinya; bahkan, mereka akan minum dengan lahap, dan mereka akan menjadi seakan-akan mereka tidak pernah ada.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar