(e-SH) 5 Mei -- 1 Tawarikh 21:18-22:1 - Menerima Kehormatan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 5 Mei 2017
Ayat SH: 1 Tawarikh 21:18-22:1

Judul: Menerima Kehormatan

Malaikat TUHAN melalui nabi Gad menyatakan kepada Daud bahwa ia harus mendirikan mezbah bagi TUHAN (18). Dengan ketaatan, Daud melakukan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan (19). Karena tempat itu nantinya akan dipakai untuk mendirikan mezbah Tuhan agar tulah berhenti, maka Daud menolak maksud baik Ornan (20-24). Daud membeli pengirikan Ornan dengan harga yang pantas, yaitu 600 syikal emas (25).

Kemudian Daud memulai tugasnya mendirikan mezbah Tuhan, mempersembahkan korban bakaran dan keselamatan, serta memanggil nama TUHAN. Seketika itu juga, Daud sendiri melihat bagaimana Tuhan menurunkan api dari langit ke atas mezbah tersebut sebagai tanda bahwa Allah menerima persembahan Daud (26, 28). Dengan demikian, hukuman Tuhan langsung berhenti menimpa orang-orang Israel. Hal itu tampak dari disarungkannya kembali pedang itu oleh malaikat TUHAN (27).

Pada waktu itu, Kemah Suci dan mezbah korban bakaran ada di Gibeon (28). Daud tidak berani ke sana karena dia takut pada pedang malaikat TUHAN (29). Di tempat pengirikan Ornan inilah, Daud menyatakan bahwa rumah TUHAN dan mezbah bakaran akan didirikan (22:1; band. 2Taw. 3:1 ).

Kita tahu tentang kisah Abraham yang akan mengurbankan Ishak di gunung Moria (Kej. 22:2). Perintah Tuhan untuk mendirikan mezbah di pengirikan Ornan juga terletak di gunung Moria, yang kemudian menjadi tempat berdirinya rumah TUHAN. Apakah ini sebuah kebetulan?

TUHAN yang berdaulat bebas memilih tempat bagi nama-Nya dipuja dan disembah oleh umat-Nya. Demikian pula Allah telah memilih hati manusia baru sebagai tempat bagi-Nya untuk tinggal dan bertakhta di sana (lih. Rm. 5:5; 1Kor. 6:19; 2Kor. 1:22; 2Tim. 1:14), ketika kita percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi.

Bersyukurlah kepada Tuhan karena Ia telah mencurahkan Roh Kudus kepada orang percaya. Allah berkenan hadir untuk menyertai dan menolong kita. Karena itu, jagalah kesucian hidup supaya hidup kita diperkenan oleh Allah. [RH]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/05/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+21:18-22:1
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+21:18-22:1

1 Tawarikh 21:18-22:1

18  Kemudian malaikat TUHAN menyuruh Gad mengatakan kepada Daud, bahwa Daud harus pergi untuk mendirikan mezbah bagi TUHAN di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu.
19  Lalu pergilah Daud, sesuai dengan perkataan Gad yang diucapkannya demi nama TUHAN.
20  Ornan sedang mengirik gandum; ketika ia memalingkan diri, dilihatnyalah malaikat itu; keempat anaknya yang bersama-sama dengan dia menyembunyikan diri.
21  Ketika Daud sampai kepada Ornan, maka Ornan mengangkat mukanya dan melihat Daud, lalu keluarlah ia dari tempat pengirikan, kemudian sujudlah ia kepada Daud dengan mukanya ke tanah.
22  Berkatalah Daud kepada Ornan: "Berikanlah kepadaku tempat pengirikan ini, supaya aku mendirikan di sini mezbah bagi TUHAN; baiklah berikan itu kepadaku dengan harga penuh, supaya tulah ini berhenti menimpa rakyat."
23  Jawab Ornan kepada Daud: "Ambillah, dan baiklah tuanku raja melakukan apa yang dipandangnya baik. Lihatlah, aku berikan lembu ini untuk korban bakaran dan eretan-eretan pengirik ini untuk kayu bakar dan gandum untuk korban sajian, semuanya itu kuberikan."
24  Tetapi berkatalah raja Daud kepada Ornan: "Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dengan harga penuh, sebab aku tidak mau mengambil milikmu untuk TUHAN dan tidak mau mempersembahkan korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa."
25  Maka Daud memberikan kepada Ornan sebagai bayaran tempat itu emas seberat enam ratus syikal.
26  Lalu Daud mendirikan di sana mezbah bagi TUHAN, mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan dan memanggil TUHAN. Maka TUHAN menjawab dia dengan menurunkan api dari langit ke atas mezbah korban bakaran itu.
27  Lalu berfirmanlah TUHAN kepada malaikat itu supaya dikembalikannya pedangnya ke dalam sarungnya.
28  Pada waktu itu juga Daud mempersembahkan korban di sana, ketika ia melihat, bahwa TUHAN telah menjawab dia di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu.
29  Kemah Suci, yang dibuat Musa di padang gurun, dan mezbah korban bakaran pada waktu itu ada di bukit pengorbanan di Gibeon,
30  tetapi Daud tidak berani pergi ke sana berhadapan dengan Allah untuk menanyakan petunjuk-Nya, sebab ia takut kepada pedang malaikat TUHAN itu.
 1  Lalu berkatalah Daud: "Di sinilah rumah TUHAN, Allah kita, dan di sinilah mezbah untuk korban bakaran orang Israel."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar