(e-RH) 31 Mei -- Yunus 3:1-10 - ALLAH MEMBATALKAN RENCANA-NYA

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 31 Mei 2017
Bacaan : Yunus 3:1-10
Setahun: 2 Tawarikh 34-36
Nats: Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka itu berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan- Nya terhadap mereka, dan Ia pun tidak jadi melakukannya. (Yunus 3:10)

Renungan:

ALLAH MEMBATALKAN RENCANA-NYA

Ayat ini sering membingungkan. Bagaimana mungkin Allah yang mahatahu, maha sempurna, dan tak mungkin berbuat salah, bisa membuat rencana untuk menghukum Niniwe, kemudian menyesal atas rencana yang telah dirancang-Nya dan membatalkannya?

Pertama marilah kita memahami tujuan Allah merencanakan hukuman bagi penduduk Niniwe. Bukan untuk pelampiasan balas dendam, atau pemuasan nafsu amarah-Nya. Tetapi untuk menegakkan kebenaran, disiplin dan keadilan. Kedua, Allah yang benar dan adil itu juga Allah yang mahakasih. Keinginan Allah yang utama adalah menunjukkan belas kasihan, bukan melaksanakan hukuman yang dirancang-Nya. Sebab Ia tak ingin seorangpun binasa, tetapi agar setiap orang bertobat, menerima pengampunan dan hidup kekal. (2Pet. 3:9). Hukuman terjadi sebagai konsekuensi akhir akibat kejahatan yang terus dihidupi, dan tak mau menghentikannya. Namun apa jadinya jika penduduk Niniwe bertobat dari tingkah lakunya yang jahat, memohon belas kasihan- Nya, dan Allah tetap menghukumnya? Dia pasti bukan Allah yang maha adil, kasih dan benar. Tetapi Allah yang sewenang-wenang. Justru ketika Niniwe berubah, bertobat dari dosanya, maka Allah pun juga mengubah rencana-Nya untuk menghukum Niniwe. Dia tetap Allah yang konsisten. Ia tetap melaksanakan janji setia-Nya: "sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba"(Yes. 1:18). Jika kamu mau menurut dan mendengar Firman Tuhan. --SST/Renungan Harian
   
IA TETAP ALLAH YANG KONSISTEN, PADA-NYA TIDAK ADA PERUBAHAN DAN PERTUKARAN. IA TAK PERNAH LALAI MEWUJUDKAN JANJI-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/05/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/05/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yunus+3:1-10

Yunus 3:1-10

 1  Datanglah firman TUHAN kepada Yunus untuk kedua kalinya, demikian:
 2  "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, dan sampaikanlah kepadanya seruan yang Kufirmankan kepadamu."
 3  Bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya, tiga hari perjalanan luasnya.
 4  Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan."
 5  Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung.
 6  Setelah sampai kabar itu kepada raja kota Niniwe, turunlah ia dari singgasananya, ditanggalkannya jubahnya, diselubungkannya kain kabung, lalu duduklah ia di abu.
 7  Lalu atas perintah raja dan para pembesarnya orang memaklumkan dan mengatakan di Niniwe demikian: "Manusia dan ternak, lembu sapi dan kambing domba tidak boleh makan apa-apa, tidak boleh makan rumput dan tidak boleh minum air.
 8  Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah serta haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya.
 9  Siapa tahu, mungkin Allah akan berbalik dan menyesal serta berpaling dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, sehingga kita tidak binasa."
10  Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka, dan Iapun tidak jadi melakukannya.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+34-36
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Tawarikh+34-36

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar