(e-RH) 14 Mei -- 2 Timotius 4:9-18 - PENDAMPING SEJATI

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 14 Mei 2017
Bacaan : 2 Timotius 4:9-18
Setahun: 1 Tawarikh 8-10
Nats: Tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya.... (2 Timotius 4:17)

Renungan:

PENDAMPING SEJATI

Satu ungkapan berbunyi, "Banyak teman untuk tertawa, namun sedikit teman untuk menangis". Ini menunjukkan bahwa di saat kita mengalami kesulitan, hanya sedikit-bahkan kadang-kadang, tidak ada-orang yang rela mendampingi kita menjalani masa-masa sulit itu.

Karena pemberitaan Injil yang dilakukannya, Paulus mengalami banyak penderitaan (2Kor. 11:23-33). Surat 2 Timotius ini adalah surat terakhir yang ditulisnya dari penjara sebelum kematiannya. Saat itu, hanya Lukas yang menemaninya (ay. 11). Maka ia meminta anak rohaninya, Timotius untuk segera datang, dengan membawa Markus besertanya (ay. 9, 11). Beberapa rekannya tidak dapat hadir karena mereka memiliki tanggung jawab mengurus jemaat di kota-kota yang lain. Demas telah berbalik dari jalan Tuhan dan meninggalkannya (ay. 10). Pada pengadilannya yang pertama, semua orang bahkan meninggalkannya dan tak seorang pun membantunya (ay. 16).

Namun demikian, tidak ada tanda-tanda bahwa Paulus mengasihani diri, menyesal atau berputus asa. Ia tetap teguh pada imannya karena Tuhan sendirilah yang mendampingi dan menguatkannya (ay. 17), sehingga hatinya tetap berkobar untuk memberitakan Injil. Ia justru mendorong agar orang-orang percaya mengikuti teladannya, dan tetap setia mengikut dan melayani Tuhan.

Dalam segala situasi, hanya penyertaan Tuhanlah yang menjadi kekuatan kita. Dan kita bersyukur, bahwa Dia tidak hanya hadir dalam situasi tertentu, melainkan setiap saat. Sebab hanya Dialah pendamping kita yang sejati. --HT/Renungan Harian
   
MENYADARI PENYERTAAN TUHAN MEMBERI KITA KEKUATAN DALAM MENGHADAPI SEGALA SITUASI, BAHKAN SAAT MENGHADAPI MAUT SEKALIPUN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/05/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/05/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Timotius+4:9-18

2 Timotius 4:9-18

 9  Berusahalah supaya segera datang kepadaku,
10  karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia.
11  Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.
12  Tikhikus telah kukirim ke Efesus.
13  Jika engkau ke mari bawa juga jubah yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen itu.
14  Aleksander, tukang tembaga itu, telah banyak berbuat kejahatan terhadap aku. Tuhan akan membalasnya menurut perbuatannya.
15  Hendaklah engkau juga waspada terhadap dia, karena dia sangat menentang ajaran kita.
16  Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku--kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka--,
17  tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa.
18  Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+8-10
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+8-10

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar