(e-SH) 10 April -- Matius 27:1-10 - Penyesalan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 10 April 2017
Ayat SH: Matius 27:1-10

Judul: Penyesalan

Penyesalan selalu datang belakangan, demikianlah yang sering diasumsikan orang banyak dan kondisi itulah yang dialami oleh Yudas pascapenangkapan Yesus. Dalam Matius 26:14-26, mungkin kita tidak habis pikir saat membaca cerita tentang seorang yang dipercaya Yesus sebagai bendahara begitu teganya menjual guru-Nya kepada para imam kepala Yahudi demi uang.

Apa yang dirasakan oleh Yudas? Matius menuliskan bahwa setelah melihat semua imam kepala dan tua-tua Yahudi memutuskan hukuman mati bagi Yesus (1-2), maka menyesallah dia karena telah menjual guru-Nya (3; bdk. Mat. 26:14-16). Penyesalan itu dibuktikan Yudas dengan mengembalikan tiga puluh keping uang perak yang diterimanya dari para imam kepala (3-4). Akan tetapi, mereka tidak peduli dengan tindakan Yudas sebab tujuan utama telah tercapai (4). Sikap acuh tak acuh dari para elite agama Yahudi memperbesar penyesalan Yudas. Akhirnya ia memutuskan untuk gantung diri (5).

Peristiwa ini sangat tragis. Lebih ironis lagi sikap dari para imam kepala dan tua-tua Yahudi yang notabene adalah pemimpin agama yang seharusnya menjadi panutan bagi umatnya. Kebencian telah membutakan akal budi dan hati nurani mereka. Dengan kejamnya mereka menyiksa Yesus (1-2). Dengan senyuman sinis mereka membiarkan Yudas meratapi dosanya (4-5). Dengan picik mereka memanfaatkan uang darah itu (6-8). Dengan perasaan bahagia dan bangga, sikap keji mereka telah menggenapi nubuatan dari nabi Yeremia (9-10).

Bila dalam hidup Anda ada hal-hal yang disesalkan, hendaknya Anda berduka. Tetapi jangan putus asa seperti Yudas. Karena penyesalan dan keputusasaan dapat berakibat buruk bagi hidup kita. Jangan pula seperti para imam kepala dan tua-tua Yahudi yang berhati kejam dan tidak menyesal sedikit pun dengan perbuatannya. Apa pun penyesalan Anda saat ini, serahkanlah kepada Tuhan. Percayalah bahwa Dia sanggup menolong Anda bangkit dari penyesalan. [MFS]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/04/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Matius+27:1-10
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+27:1-10

Matius 27:1-10

 1  Ketika hari mulai siang, semua imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi berkumpul dan mengambil keputusan untuk membunuh Yesus.
 2  Mereka membelenggu Dia, lalu membawa-Nya dan menyerahkan-Nya kepada Pilatus, wali negeri itu.
 3  Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua,
 4  dan berkata: "Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah." Tetapi jawab mereka: "Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!"
 5  Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.
 6  Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: "Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah."
 7  Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.
 8  Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.
 9  Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: "Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel,
10  dan mereka memberikan uang itu untuk tanah tukang periuk, seperti yang dipesankan Tuhan kepadaku."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar