(e-SH) 27 Maret -- Matius 24:15-28 - Wujud dari Kesiapan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 27 Maret 2017
Ayat SH: Matius 24:15-28

Judul: Wujud dari Kesiapan

Selanjutnya Yesus menubuatkan munculnya Pembinasa keji (15; lih. Dan. 9:27; 11:31; 12:11, bdk. 2Tes. 2:3-4) yang akan menajiskan dan menghancurkan Bait Allah (lih. Mat. 23:38) serta kota Yerusalem. Pembinasa tersebut akan membinasakan ribuan penduduknya. Saat itu segera tiba, Yesus mengingatkan orang-orang percaya segera menyelamatkan dirinya (16-18). Sebab penderitaan yang akan menimpa mereka sangat mengerikan (19-21).

Pada waktu itu akan terjadi kesengsaraan yang besar (21). Sekalipun demikian, Tuhan turut campur tangan dan menyatakan kuasa-Nya bagi umat pilihan-Nya (22). Yesus memperingatkan bahwa pada masa kesengsaraan akan muncul para mesias dan nabi palsu yang akan menyesatkan banyak orang melalui berbagai tanda dan mukjizat yang mereka lakukan (23-25; lih. 5, 11). Ia juga mengingatkan agar orang-orang percaya tidak memercayai mereka sebagai Mesias sejati (26). Sebab Mesias yang sesungguhnya adalah Yesus.

Lalu, Yesus menggambarkan kedatangan-Nya seperti kilat yang memancar: terlihat, berskala kosmis, serta sifatnya tak terduga (27). Yesus menggunakan metafora burung bangkai berkerumun untuk menjelaskan bahwa orang-orang percaya akan berkumpul ketika Ia datang kembali (28).

Sebagai orang percaya yang menantikan kedatangan Kristus, kita harus bersiap sedia ketika mengalami kesulitan, permusuhan, ataupun penganiayaan. Bersiap sedia berarti: (1) sadar bahwa Yesus bisa datang kapan pun; (2) tidak bersantai-santai atau masa bodoh; (3) tetap mengerjakan tugas-tugas yang Tuhan percayakan kepada kita dengan setia; (4) memercayakan hidup kita dalam kedaulatan-Nya.

Marilah jujur kepada diri sendiri. Persiapan apa yang sudah kita lakukan untuk menyambut kedatangan Yesus? Hidup kudus, baik dalam perkataan, pikiran, perbuatan, kehidupan seksual, pekerjaan, bisnis, dan juga dalam relasi suami-istri, merupakan wujud kesiapan kita untuk menyambut kedatangan Kristus kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim Agung. [RH]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/03/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Matius+24:15-28
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+24:15-28

Matius 24:15-28

15  "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel--para pembaca hendaklah memperhatikannya--
16  maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.
17  Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya,
18  dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya.
19  Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
20  Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.
21  Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.
22  Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.
23  Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.
24  Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
25  Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.
26  Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya.
27  Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.
28  Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar