(e-RH) 19 Desember -- ANAK-ANAK ABRAHAM

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 19 Desember 2016
Bacaan : Lukas 3:7-14
Setahun: 2 Petrus 1-3
Nats: Janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapak leluhur kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! (Lukas 3:8)

Renungan:

ANAK-ANAK ABRAHAM

Abraham dikenal sebagai bapak orang beriman. Ia memiliki ketaatan yang tidak kepalang tanggung kepada Allah. Ketika dipanggil keluar dari Ur-Kasdim ke negeri yang tidak diketahuinya, ia taat. Ketika disuruh mempersembahkan Ishak, anak yang sangat dikasihinya, ia taat. Abraham beriman kepada Allah, dan imannya itu dinyatakan dalam ketaatan.

Kita sebagai orang percaya juga mendapat gelar anak-anak Abraham. Berarti kita juga ahli warisnya. Artinya, berhak mendapatkan janji-janji Allah yang diberikan kepadanya. Tetapi, benarkah kita menunjukkan bahwa kita adalah anak Abraham? Seorang anak Abraham menunjukkan hak warisnya dalam perbuatan yang selaras dengan firman Tuhan. Ia berbagi kepada mereka yang tidak punya. Jujur dan adil dalam melakukan tugas-tugasnya. Tidak memeras atau mengambil yang bukan haknya, tetapi mencukupkan diri dengan apa yang dimilikinya. Menjadi anak Abraham berarti mewarisi perbuatan iman Abraham.

Kenyataannya kita tidak selalu demikian. Kadang-kadang kita bangga dengan gelar kita sebagai orang beriman-anak Allah- tetapi tidak terlihat dalam tindakan dan ketaatan kita. Kita bergelar anak Allah, tetapi perilaku kita acapkali menunjukkan yang sebaliknya. Kita membenci, menyakiti, menghina, memfitnah, khawatir, memeras, mengambil yang bukan hak kita, dan sebagainya.

Kalau kita adalah anak Abraham, teladanilah dia. Kalau kita adalah anak Allah, tunjukkanlah dalam sikap, perilaku, dan ketaatan kita. --PRB/Renungan Harian
   
ANAK-ANAK ABRAHAM MEWARISI IMAN ABRAHAM; ANAK-ANAK ALLAH MEWARISI KASIH ALLAH.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2016/12/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2016/12/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+3:7-14

Lukas 3:7-14

 7  Lalu ia berkata kepada orang banyak yang datang kepadanya untuk dibaptis, katanya: "Hai kamu keturunan ular beludak! Siapakah yang mengatakan kepada kamu melarikan diri dari murka yang akan datang?
 8  Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
 9  Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api."
10  Orang banyak bertanya kepadanya: "Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat?"
11  Jawabnya: "Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian."
12  Ada datang juga pemungut-pemungut cukai untuk dibaptis dan mereka bertanya kepadanya: "Guru, apakah yang harus kami perbuat?"
13  Jawabnya: "Jangan menagih lebih banyak dari pada yang telah ditentukan bagimu."
14  Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: "Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?" Jawab Yohanes kepada mereka: "Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?2+Petrus+1-3
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Petrus+1-3

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2016 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar