(e-SH) 20 September -- Yehezkiel 37:15-28 - PB adalah Penggenapan PL

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 20 September 2016
Ayat SH: Yehezkiel 37:15-28

Judul: PB adalah Penggenapan PL

Kita sering kali berpikir salah; bahwa PB menggantikan PL. Karena PL kurang baik dan sudah waktunya digantikan. Dalam nas hari ini, kita melihat bahwa PB bukanlah meniadakan PL, melainkan menggenapi PL (bdk. Mat. 5:17).

Yehezkiel diperintahkan Allah menyiapkan dua lembar papan yang tertulis nama Efraim dan Yehuda. Ia harus menggabungkan kedua papan tersebut dalam tangannya yang berarti mereka menjadi satu dalam tangan Tuhan (16-19). Ini berarti, Tuhan akan menjemput Israel dan Yehuda dari tanah pembuangan. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Tuhan menjadi Allah mereka (20-23). Di Tanah Perjanjian itu, mereka akan dipimpin oleh satu gembala, yaitu Daud. Mereka akan hidup menurut peraturan-peraturan Tuhan (24-25). Ia akan melakukan perjanjian damai dan abadi dengan mereka (26).

Penggenapan awal dari nubuat di atas terjadi ketika Mesias, anak Daud, datang memerintah sebagai Raja atas umat-Nya. Perhatikan istilah yang digunakan; menunjukkan bahwa Mesias akan menggenapi segala perjanjian Allah dengan Abraham (janji Tanah Perjanjian), Musa (menaati hukum Taurat), dan Daud (keturunannya akan menjadi raja atas mereka). Artinya, perjanjian damai (perjanjian baru dalam istilah Yeremia 31:31) merupakan perjanjian yang menggenapi Perjanjian Lama. Tetapi, Perjanjian Baru ini belum tergenapi sepenuhnya pada masa kini. Hal itu akan tergenapi secara keseluruhannya pada waktu Yesus datang kedua kalinya.

Pengertian bahwa PB menggenapi PL sangat penting karena hal itu menunjukkan dua hal, yaitu: Pertama, kesatuan dari perjanjian Tuhan dengan umat-Nya. Kedua, kesatuan sejarah keselamatan yang akan terwujud dalam kedatangan Kristus kedua kalinya. Dalam Pengakuan Iman Rasuli, kita menyatakan percaya kepada "Gereja yang kudus dan am." Gereja yang am (universal) berarti Gereja yang terdiri dari seluruh umat percaya, baik yang ada di PL maupun PB. Kiranya nas ini membuat kita lebih mengerti apa artinya umat sebagai satu tubuh Kristus. Karena itu, kita perlu hidup saling mengasihi. [IT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/09/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+37:15-28
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+37:15-28

Yehezkiel 37:15-28

15  Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:
16  "Hai engkau anak manusia, ambillah sepotong papan dan tulis di atasnya: Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia. Kemudian ambillah papan yang lain dan tulis di atasnya: Untuk Yusuf--papan Efraim--dan seluruh kaum Israel yang bersekutu dengan dia.
17  Gabungkanlah keduanya menjadi satu papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu.
18  Maka kalau teman-teman sebangsamu bertanya kepadamu: Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami, apa artinya ini--
19  katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku mengambil papan Yusuf--yang dalam tangan Efraim--beserta suku-suku Israel yang bersekutu dengan dia dan menggabungkannya dengan papan Yehuda dan Aku akan menjadikan mereka satu papan, sehingga mereka menjadi satu dalam tangan-Ku.
20  Dan sedang engkau memegang papan-papan yang kautulisi itu dalam tanganmu di hadapan mereka,
21  katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku menjemput orang Israel dari tengah bangsa-bangsa, ke mana mereka pergi; Aku akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru dan akan membawa mereka ke tanah mereka.
22  Aku akan menjadikan mereka satu bangsa di tanah mereka, di atas gunung-gunung Israel, dan satu raja memerintah mereka seluruhnya; mereka tidak lagi menjadi dua bangsa dan tidak lagi terbagi menjadi dua kerajaan.
23  Mereka tidak lagi menajiskan dirinya dengan berhala-berhalanya atau dewa-dewa mereka yang menjijikkan atau dengan semua pelanggaran mereka. Tetapi Aku akan melepaskan mereka dari segala penyelewengan mereka, dengan mana mereka berbuat dosa, dan mentahirkan mereka, sehingga mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahnya.
24  Maka hamba-Ku Daud akan menjadi rajanya, dan mereka semuanya akan mempunyai satu gembala. Mereka akan hidup menurut peraturan-peraturan-Ku dan melakukan ketetapan-ketetapan-Ku dengan setia.
25  Mereka akan tinggal di tanah yang Kuberikan kepada hamba-Ku Yakub, di mana nenek moyang mereka tinggal, ya, mereka, anak-anak mereka maupun cucu cicit mereka akan tinggal di sana untuk selama-lamanya dan hamba-Ku Daud menjadi raja mereka untuk selama-lamanya.
26  Aku akan mengadakan perjanjian damai dengan mereka, dan itu akan menjadi perjanjian yang kekal dengan mereka. Aku akan memberkati mereka dan membuat mereka banyak dan memberikan tempat kudus-Ku di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya.
27  Tempat kediaman-Kupun akan ada pada mereka dan Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
28  Maka bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, menguduskan Israel, pada waktu tempat kudus-Ku berada di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar