(e-RH) 20 September -- MELEPASKAN GENGGAMAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 20 September 2016
Bacaan : Matius 19:16-26
Setahun: Hosea 7-14
Nats: Kata Yesus kepadanya, "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." (Matius 19:21)

Renungan:

MELEPASKAN GENGGAMAN

Rick Warren, pendeta dan penulis The Purpose Driven Life, mengisahkan bahwa ketika menikah, ia dan istrinya memberikan sepersepuluh penghasilan untuk pekerjaan Tuhan. Setelah setahun menikah, mereka meningkatkannya menjadi 11%. Tahun berikutnya, menjadi 12%. Tahun berikutnya lagi, 13%. Selama itu, mereka tidak pernah menceritakan kebiasaan itu pada orang lain. Pada saat pernikahan mereka mencapai 30 tahun, persembahan mereka telah menjadi 90% dari keseluruhan penghasilan.

Ketika seorang muda yang kaya datang kepada-Nya dengan berlari dan bersujud, Yesus menyampaikan suatu permintaan yang radikal. Sikap orang muda itu mencerminkan kesungguhannya mencari jawaban tentang hidup yang kekal. Yesus memandang anak muda itu dengan penuh kasih (bdk. Mrk. 10:21) dan menjawab pertanyaannya. Yesus mengetahui jawaban-Nya bakal membuat orang muda itu kecewa. Pemimpin muda itu (lih. Luk. 18:18) menyebut Yesus baik, agaknya dengan harapan dirinya juga dianggap baik. Memang menurut orang, ia baik. Sebab ia menjaga ketat perilakunya sejak muda (Mrk. 10:20). Kesedihannya muncul karena ia diminta melepaskan harta miliknya. Selain harta, permintaan Yesus agar ia mengikut Yesus bermakna bahwa ia juga harus rela meninggalkan kedudukannya sebagai pemimpin.

Seandainya kita di posisi orang muda kaya itu, bagaimana sikap kita? Enggan? Atau, seperti Rick Warren, belajar melepaskan genggaman atas harta? Juga belajar tidak mengutamakan jabatan demi mengikuti Yesus? Bagaimana prioritas kita? --Heman Elia/Renungan Harian
   
KESETIAAN DALAM MENGIKUTI YESUS TAMPAK DARI KESEDIAAN KITA MELEPASKAN GENGGAMAN ATAS HARTA DAN JABATAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2016/09/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2016/09/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Matius+19:16-26

Matius 19:16-26

16  Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
17  Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
18  Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
19  hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
20  Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
21  Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
22  Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.
23  Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
24  Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."
25  Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?"
26  Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Hosea+7-14
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Hosea+7-14

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2016 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA


0 komentar:

Posting Komentar