(e-SH) 29 Agustus -- Yehezkiel 25:12-17 - Hukuman kepada Edom dan Filistin

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 29 Agustus 2016
Ayat SH: Yehezkiel 25:12-17

Judul: Hukuman kepada Edom dan Filistin

Bangsa Edom merupakan keturunan Esau. Jadi dapat dikatakan bahwa orang-orang Edom masih memiliki hubungan saudara dengan bangsa Israel. Pada kenyataannya, bani Edom sering kali menyerang orang-orang Israel. Bahkan bangsa Edom bersekutu dengan kerajaan Babel menyerang Yerusalem (lih. Mzm. 137:4-9; Am. 1:11-12).

Kisah perebutan hak kesulungan antara Esau dan Yakub berujung panjang. Ternyata pertikaian ini masih berlangsung kepada anak cucu mereka. Kaum Edom merasa tidak senang dengan bangsa Israel yang mencuri hak kesulungan leluhurnya. Itu sebabnya mereka berupaya untuk melakukan aksi balas dendam kesumat terhadap orang-orang Israel. Kebencian yang mendalam membuat mereka ingin melenyapkan bangsa Israel. Dalam hal ini, Allah menuding bangsa Edom telah melampaui batas kewajaran (12). Sebagai bangsa yang masih memiliki ikatan satu leluhur yang sama, bani Edom bukannya menolong orang-orang Israel yang sedang dalam kesulitan, malahan mereka menikam saudaranya dengan pedang dari belakang.

Melihat kejadian itu, Allah Israel tidak tinggal diam. Allah maju berperang melawan Edom. Ia akan menghancurkan bangsa Edom, memusnahkan segala ternaknya, dan meruntuhkan kota-kota (13). Tindakan Allah ini merupakan bentuk pembelaan-Nya terhadap umat Israel. Hukuman yang sama juga Allah timpakan kepada bangsa Filistin. Dengan cara licik dan culas mereka menyerang bangsa Israel yang sedang mengalami penghakiman Allah (15-16). Dengan begitu, baik Edom maupun Filistin mendapatkan murka Allah karena mereka telah melecehkan umat Allah (14, 17).

Di balik murka Allah, tersembunyi kasih-Nya. Hal itu tampak dari cara Allah mengadili dan menjatuhkan hukuman atas bangsa-bangsa lain yang bergembira di atas penderitaan umat-Nya. Tindakan Allah ini memperlihatkan bahwa hukuman yang diberikan-Nya bertujuan mendidik dan memurnikan umat-Nya untuk kembali menjadi bangsa yang kudus. [TG]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/08/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+25:12-17
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+25:12-17

Yehezkiel 25:12-17

12  Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Edom membalaskan dendam kesumat terhadap kaum Yehuda dan membuat kesalahan besar dengan melakukan pembalasan terhadap mereka,
13  oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan Edom dan melenyapkan dari padanya manusia dan binatang dan Aku membuatnya menjadi reruntuhan; dari Teman sampai Dedan mereka akan mati rebah oleh pedang.
14  Aku akan melakukan pembalasan-Ku terhadap Edom dengan tangan umat-Ku Israel. Dan mereka akan memperlakukan Edom selaras dengan murka-Ku dan amarah-Ku, dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah yang membalas, demikianlah firman Tuhan ALLAH."
15  Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena orang Filistin membalaskan dendam kesumat dan di dalam kegembiraannya atas kecelakaan Israel melakukan pembalasan dengan melakukan pembinasaan karena rasa permusuhan yang turun-temurun,
16  oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan orang Filistin dan melenyapkan orang Kreta dan membinasakan yang lain-lain di tepi pantai laut.
17  Aku akan melakukan pembalasan yang kejam terhadap mereka disertai penghajaran-penghajaran kemarahan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada waktu Aku melakukan pembalasan-Ku terhadap mereka."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org


0 komentar:

Posting Komentar