(e-RH) 28 Agustus -- HAMBATAN MENTAL

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 28 Agustus 2016
Bacaan : 1 Timotius 1:12-17
Setahun: Yeremia 49-50
Nats: Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya, "Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa, " dan di antara mereka akulah yang paling berdosa. (1 Timotius 1:15)

Renungan:

HAMBATAN MENTAL

Seekor gajah sirkus patuh pada pawangnya. Ia mengangkat kedua kaki depan, menendang bola, berguling-guling, juga memijit si pawang. Ia tidak memberontak sekalipun tidak ada tali yang mengikatnya. Kalau ia mau menolak, tentu bukan hal sulit baginya. Cukup dengan melilitkan belalainya, manusia pasti kalah. Tetapi, ia tidak melakukannya karena telah dilatih untuk tidak melepaskan diri.

Pikiran kita dapat terhambat secara psikologis. Hambatan ini dapat muncul dari pengalaman hidup atau pergaulan yang keliru, trauma masa lalu, luka batin, pengalaman buruk pada masa kecil, cara pandang yang keliru, atau pembelajaran dan pendidikan yang tidak tepat. Kemunculannya bisa berupa kecanggungan bertindak, kesulitan berbicara, kesulitan mengaktualisasikan diri, juga dalam bentuk sindroma rendah diri.

Hambatan serupa juga bisa terjadi dalam kehidupan rohani. Masa lalu yang kelam sering membuat kita merasa tak layak di hadapan Tuhan sekalipun kita sudah bertobat. Iman kita jadi sulit bertumbuh. Kita perlu belajar dari Paulus yang oleh imannya kepada Tuhan menjadi bebas dari hambatan mental. Ia mengakui latar belakang hidupnya yang kelabu karena pernah menjadi penganiaya jemaat Allah. Tetapi Paulus juga mengakui bahwa Yesus Kristus menguatkannya, menganggapnya setia, dan memberi kepercayaan untuk terlibat dalam pelayanan. Paulus mengakui bahwa Yesus mengasihinya sebagai orang yang paling berdosa dan telah menunjukkan kesabaran-Nya. Bagaimana dengan kita? --Endang B. Lestari/Renungan Harian
   
TERUS MENGINGAT DOSA MASA LALU SETELAH BERTOBAT SAMA HALNYA MENGANGGAP SEPI KEMURAHAN ALLAH.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2016/08/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2016/08/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Timotius+1:12-17

1 Timotius 1:12-17

12  Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku--
13  aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman.
14  Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.
15  Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: "Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa," dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.
16  Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.
17  Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+49-50
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+49-50

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2016 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar