(e-SH) 27 Agustus -- Yehezkiel 25:1-11 - Hukuman kepada Amon dan Moab

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 27 Agustus 2016
Ayat SH: Yehezkiel 25:1-11

Judul: Hukuman kepada Amon dan Moab

Setelah Allah memberitakan penghakiman-Nya atas Israel, maka tiba saatnya Allah juga mengadili dan menyatakan penghukuman-Nya atas Amon dan Moab.

Dengan jelas Allah menyuruh Yehezkiel mengarahkan pandangan matanya ke wilayah bani Amon untuk mengutuk tanah dan penduduknya (1-2). Allah Israel akan menghancurkan bangsa Amon karena mereka adalah musuh bebuyutan bangsa Israel. Orang-orang Amon sangat gembira apabila bangsa Israel hancur. Mereka sering bersekutu secara politik dengan negara di sekitarnya demi melenyapkan Israel dari muka bumi. Saat Yehezkiel menubuatkan kehancuran Israel, mereka menyumpahi kaum Israel. Karena itu, Allah mengatakan kepada penduduk Amon jangan terlalu cepat bergembira. Sebab, hukuman yang sama akan menimpa mereka dan seluruh wilayah mereka. Hasil bumi dan kekayaan mereka akan dirampas oleh orang-orang Babel (3-4, 6).

Allah menubuatkan tanah orang Amon tidak akan didiami oleh siapa pun. Karena Allah akan memakai kerajaan Babel untuk menjarah dan melenyapkan mereka dari muka bumi (7). Dengan demikian, tanah mereka akan menjadi tempat kambing domba mencari makanan (5).

Hukuman Allah terhadap Amon juga ditimpakan kepada bangsa Moab. Dosa orang-orang Moab adalah mengutuki dan menghina kejatuhan bangsa Israel (8). Hal itu sama artinya mereka telah menghina kekudusan dan kemuliaan nama Allah sebagai Allah Israel. Saat hari penghukuman itu datang, negeri Moab yang permai berubah menjadi kota reruntuhan. Orang-orang Kasdim dari Babel akan meluluhlantakkan wilayah Moab dan Amon agar mereka mengenal siapakah Allah Israel itu (9-11).

Allah Israel adalah Allah yang berdaulat atas segala sesuatu yang ada di dunia. Dengan kedaulatan-Nya, Ia mencegah meningkatnya laju kejahatan melalui keadilan, kebenaran, dan penghakiman-Nya. Karena itu, marilah kita mengoreksi diri di hadapan-Nya setiap hari dan memohon tuntunan-Nya. [TG]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/08/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+25:1-11
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+25:1-11

Yehezkiel 25:1-11

 1  Datanglah firman TUHAN kepadaku:
 2  "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada bani Amon dan bernubuatlah melawan mereka!
 3  Katakanlah kepada bani Amon: Dengarlah firman Tuhan ALLAH: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau menyerukan: Syukur! mengenai tempat kudus-Ku, waktu kekudusannya dilanggar, dan mengenai tanah Israel, waktu itu dijadikan sunyi sepi, dan mengenai kaum Yehuda, waktu mereka harus pergi ke dalam pembuangan,
 4  oleh sebab itu, sungguh, Aku menyerahkan engkau kepada orang dari sebelah timur menjadi miliknya; mereka akan mendirikan perkemahannya padamu dan membangun tempat kediamannya; mereka akan memakan buah-buahanmu dan meminum susu ternakmu.
 5  Aku akan membuat Raba menjadi padang rumput untuk unta dan kota-kota bani Amon menjadi tempat kambing domba. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
 6  Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau bertepuk tangan dan mengentakkan kakimu ke tanah, dan bergembira dalam hatimu atas kecelakaan tanah Israel,
 7  oleh sebab itu, sungguh, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan engkau dan menyerahkan engkau menjadi jarahan bagi suku-suku bangsa dan melenyapkan engkau dari tengah bangsa-bangsa dan membinasakan engkau dari negeri-negeri; Aku akan memusnahkan engkau. Dengan demikian engkau akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."
 8  Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Moab berkata: Sungguh, kaum Yehuda adalah sama dengan semua bangsa lain,
 9  oleh sebab itu, sungguh, Aku akan membiarkan dataran tinggi Moab terbuka dengan runtuhnya kota-kotanya, ya, kota-kotanya tanpa terkecuali, yaitu kepermaian negeri itu: Bet-Yesimot, Baal-Meon dan Kiryataim.
10  Aku akan menyerahkan dia bersama bani Amon kepada orang dari sebelah Timur menjadi miliknya, supaya bani Amon jangan diingat-ingat lagi di antara bangsa-bangsa.
11  Aku akan menjatuhkan hukuman kepada Moab dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar