(e-SH) 16 Agustus -- Yehezkiel 20:30-44 - Gugatan Allah (2)

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 16 Agustus 2016
Ayat SH: Yehezkiel 20:30-44

Judul: Gugatan Allah (2)

Hukuman Allah bukan hanya ekspresi cinta kasih kepada umat-Nya, tetapi juga bentuk pemurnian.

Allah murka terhadap umat-Nya karena mereka telah melanggar dua perintah-Nya, yaitu: Pertama, mereka dengan sengaja mengikuti perilaku leluhur dan berzina rohani dengan dewa-dewa bangsa asing (30). Perzinaan rohani sama artinya dengan menolak TUHAN sebagai Allah yang membebaskan leluhur mereka dari perbudakan dan memberikan Tanah Perjanjian kepada mereka. Bukannya belajar dari sejarah kelam lelulur, mereka dengan sengaja mengulanginya (bdk. Ul. 4:9-20) Kedua, mempersembahkan anak sebagai kurban bakaran bagi dewa-dewa asing (31). Tindakan mereka telah melampaui batas kemanusiaan dan hal itu dilihat Allah sebagai kekejian. Karena itu, Allah tidak segan-segan "menghancurkan" umat-Nya (bdk. Im. 20:1-5).

Karena Allah yang memilih Israel sebagai umat-Nya, maka Ia tidak akan membiarkan umat-Nya menjadi tipe bangsa seperti bangsa lain yang tidak mengenal Tuhan (32). Allah sendiri yang akan menghajar dan mendisplinkan umat-Nya dengan murka-Nya (33). Dengan tangan besi, Allah akan menundukkan kebebalan hati umat-Nya di padang gurun bangsa-bangsa (34-35). Padang gurun bangsa-bangsa melukiskan perjalanan pulang umat-Nya ke kampung halamannya dari pembuangan di Babel. Di padang gurun itu, Allah akan memunahkan mereka yang memberontak kepada-Nya (36, 39a). Di satu sisi, padang gurun merupakan tempat bagi Allah untuk memurnikan umat-Nya (37-38; bdk. Bil. 14:2-3, 28-29). Di sisi lain, hanya kaum sisa yang masih memelihara ketetapan Allah yang berhak pulang ke negerinya (39b). Ini memperlihatkan adanya harapan pemulihan dari Allah. Tujuannya, agar bangsa Israel menyadari dosanya dan kembali menjadi bangsa yang kudus di hadapan-Nya (40-44).

Allah marah karena Ia mengasihi umat-Nya. Di balik amarah-Nya, ada pemulihan yang dijanjikan-Nya. Sebab itu, hiduplah sesuai dengan kehendak-Nya. [TG]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/08/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+20:30-44
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+20:30-44

Yehezkiel 20:30-44

30  Oleh sebab itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Apakah kamu menajiskan dirimu juga dengan cara hidup nenek moyangmu dan berzinah dengan mengikuti dewa-dewanya yang menjijikkan?
31  Dalam membawa persembahan-persembahanmu, yaitu mempersembahkan anak-anakmu sebagai korban dalam api, kamu menajiskan dirimu dengan segala berhala-berhalamu sampai hari ini, apakah Aku masih mau kamu minta petunjuk dari pada-Ku, hai kaum Israel? Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku tidak mau lagi kamu minta petunjuk dari pada-Ku.
32  Dan apa yang timbul dalam hatimu sama sekali tidak akan terjadi, yaitu yang kamu katakan: Kami ingin seperti bangsa-bangsa lain, seperti segala kaum di negeri-negeri untuk berbakti kepada pohon dan batu.
33  Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku akan memerintah kamu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung dan amarah yang tercurah.
34  Aku akan membawa kamu keluar dari tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari negeri-negeri, di mana kamu berserak dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung dan amarah yang tercurah,
35  dan Aku akan membawa kamu ke padang gurun bangsa-bangsa dan di sana Aku akan berperkara dengan kamu berhadapan muka.
36  Seperti Aku berperkara dengan nenek moyangmu di padang gurun tanah Mesir, begitulah Aku akan berperkara dengan kamu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
37  Aku akan membiarkan kamu lewat dari bawah tongkat gembala-Ku dan memasukkan kamu ke kandang dengan menghitung kamu.
38  Aku akan memisahkan dari tengah-tengahmu orang-orang yang memberontak dan mendurhaka terhadap Aku; Aku akan membawa mereka keluar dari negeri, tempat mereka tinggal sebagai orang asing, tetapi di tanah Israel mereka tidak akan masuk. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
39  Hai kamu, kaum Israel, beginilah firman Tuhan ALLAH, biarlah masing-masing pergi beribadah kepada berhala-berhalanya. Tetapi kemudian kamu akan mendengarkan Aku dan tidak lagi melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus dengan persembahan-persembahanmu dan berhala-berhalamu.
40  Sebab di atas gunung-Ku yang kudus, di atas gunung Israel yang tinggi, demikianlah firman Tuhan ALLAH, di sana di tanah itu segenap kaum Israel dalam keseluruhannya akan beribadah kepada-Ku. Di sana Aku akan berkenan kepadamu dan di sana Aku akan menuntut dari kamu persembahan-persembahan khususmu dan sajian-sajianmu yang terpilih, segala yang kamu kuduskan.
41  Seperti kepada persembahan yang harum Aku berkenan kepadamu pada waktu Aku mengeluarkan kamu dari tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari negeri-negeri, di mana kamu berserak, dan Aku akan menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.
42  Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada waktu Aku membawa kamu masuk ke tanah Israel, ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada nenek moyangmu.
43  Di sana kamu akan teringat-ingat kepada segala tingkah lakumu, dengan mana kamu menajiskan dirimu, dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena segala kejahatan-kejahatan yang kamu lakukan.
44  Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada masa Aku, oleh karena nama-Ku, tidak memperlakukan kamu selaras dengan tingkah lakumu yang jahat dan busuk, hai kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar