(e-SH) 4 Juli -- 2 Timotius 4:9-22 - Sendiri namun tidak Sendirian

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 4 Juli 2016
Ayat SH: 2 Timotius 4:9-22

Judul: Sendiri namun tidak Sendirian

Ditinggalkan seseorang saat kondisi lancar, biasanya tidak terlalu berpengaruh dalam hidup kita. Tetapi, ketika dalam pergumulan berat dan sendirian karena ditinggalkan orang terdekat, kita menjadi sangat sensitif. Ibaratnya "langit runtuh" dalam kehidupan.

Firman Tuhan hari ini mengisahkan pergumulan, Paulus. Panggilannya dalam penginjilan tidak diragukan. Kepemimpinannya disegani dan pengikutnya tidak sedikit. Meski demikian, Paulus masih merasakan "ditinggalkan seorang diri". Kata "meninggalkan aku" diulang 2 kali dan keduanya terjadi pada saat Paulus sedang membutuhkan "mereka" (9, 16). Secara logika, Paulus telah siap sejak ia berkata: "...., sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus" (1Kor.11:1). Seorang pengikut tidak lebih besar dari yang diikuti. Apa yang menimpanya mungkin sekali akan dialami oleh pengikutnya. Ketika Kristus ditangkap, disiksa, diadili, dan akhirnya disalibkan, semua murid "meninggalkan-Nya" (Mat. 26:56). Bahkan, Petrus menyangkal-Nya tiga kali. Ini menunjukkan tidaklah berlebihan kalau akhirnya Paulus pun ditinggalkan sahabat-sahabatnya. Hal ditinggalkan oleh Demas (10) dan semuanya (16) menjadi pergumulan tersendiri dalam diri Paulus. Ini terlihat jelas dari perkataan Paulus: 1. Ia meminta dengan sangat agar Timotius berusaha segera datang (9, 10, 21). 2. Ia membutuhkan pendampingan dan penguatan dari luar dirinya (17).

Sebagai manusia, Paulus juga membutuhkan dukungan moril. Pendampingan dan kehadiran sahabat-sahabatnya menjadi bagian yang sangat berarti bagi Paulus dalam situasi itu. Tetapi, yang ia dapatkan adalah kekosongan. Syukurlah, kisah Paulus tidak berakhir sampai di sini. Sekalipun sendiri, namun ia tidak merasa sendirian karena Tuhan sendiri mendampingi dan menguatkannya (17).

Manusia bisa saja meninggalkan kita, tetapi Tuhan tidak. Jangan bersedih hati dan kecewa! TUHAN sendiri yang mendampingi dan memberi kita kekuatan. Sebab Ia adalah TUHAN yang setia. [SC]

Pengantar Kitab Yunus

Kitab Yunus merupakan kitab ke-5 dalam kumpulan kitab nabi-nabi kecil. Kitab ini tidak berisi kata-kata Yunus putra Amitai (1:1) kepada umat Israel sebagaimana kitab nabi-nabi lainnya, tetapi merupakan kisah tentang insiden yang terjadi dalam kehidupan Sang Nabi. Pesan yang sebenarnya pendek sekali (Yun. 3:4).

Selain dalam kitab ini, catatan tentang Yunus hanyalah bahwa ia berkhotbah di Kerajaan Israel Utara pada waktu pemerintahan Yerobeam II (2Raj. 14:25), sekitar 780 SM. Kitab ini kemungkinan ditulis lama sesudahnya, yaitu ketika bangsa Israel memerlukan pelajaran yang harus dipelajari Yunus dengan susah payah.

Yunus bukanlah nabi yang terus berbuat baik di hadapan TUHAN. Yunus digambarkan sebagai nabi yang melarikan diri dari penugasannya untuk memberitakan Injil kepada orang Niniwe, bangsa yang telah menyusahkan bangsa Israel (1:1-17). Bagaimanapun ia akhirnya bersyukur atas kesempatan hidup yang TUHAN berikan untuknya (2:1-10). Hal ini mendorongnya untuk menaati perintah TUHAN untuk pergi ke Niniwe (3:1-10). Tetapi ketika misinya berhasil, ia justru marah kepada TUHAN dan mengeraskan hati Yunus (4:1-11).

Dalam kitab Yunus, kita dapat belajar tentang keadilan dan kedaulatan Allah, kemurahhatian dan belas kasihan-Nya. Yunus sendiri mewakili umat Allah yang membanggakan keistimewaan hubungannya dengan Allah. Sayangnya, dia lebih memikirkan dirinya daripada pertobatan orang-orang kafir. Dia marah menyaksikan kemurahhatian Allah.

Allah itu murah hati dan berbelas kasihan. Ia tidak tertarik untuk membinasakan orang berdosa, tetapi memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk bertobat dan datang kepada-Nya. Kisah Yunus terutama dalam pasal 1 dan 3, digunakan oleh TUHAN Yesus untuk menggambarkan kematian dan kebangkitan-Nya (lih. Mat. 12:39-41; 16:4; Luk. 11:29-32).

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/07/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Timotius+4:9-22
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Timotius+4:9-22

2 Timotius 4:9-22

 9  Berusahalah supaya segera datang kepadaku,
10  karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia.
11  Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.
12  Tikhikus telah kukirim ke Efesus.
13  Jika engkau ke mari bawa juga jubah yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen itu.
14  Aleksander, tukang tembaga itu, telah banyak berbuat kejahatan terhadap aku. Tuhan akan membalasnya menurut perbuatannya.
15  Hendaklah engkau juga waspada terhadap dia, karena dia sangat menentang ajaran kita.
16  Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku--kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka--,
17  tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa.
18  Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.
19  Salam kepada Priska dan Akwila dan kepada keluarga Onesiforus.
20  Erastus tinggal di Korintus dan Trofimus kutinggalkan dalam keadaan sakit di Miletus.
21  Berusahalah ke mari sebelum musim dingin. Salam dari Ebulus dan Pudes dan Linus dan Klaudia dan dari semua saudara.
22  Tuhan menyertai rohmu. Kasih karunia-Nya menyertai kamu!


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org


0 komentar:

Posting Komentar