(e-SH) 14 Juli -- Nahum 3:1-7 - Penghakiman yang Adil

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 14 Juli 2016
Ayat SH: Nahum 3:1-7

Judul: Penghakiman yang Adil

Niniwe (ibu kota Asyur) disebut "kota penumpah darah." Asyur terkenal dengan kekejamannya terhadap musuh-musuh mereka. Tidak jarang mereka memotong tangan, kaki, atau hidung tawanan mereka. Mereka mengorek mata, menguliti, membakar, atau menusuk musuh mereka dari bawah sampai tembus ke atas seperti sate. Sangat tepat kota ini disebut sebagai kota penumpah darah.

Niniwe penuh dengan dusta. Kita tidak tahu pasti Nahum mengacu kepada peristiwa apa. Mungkin di dalamnya termasuk peristiwa ketika Raja Ahas dari Yehuda meminta pertolongan kepada Asyur untuk menolongnya dari serangan Israel dan Aram. Kemudian Tilgat-Pilneser, Raja Asyur, bukannya membantu, melainkan menyesakkannya, walaupun Ahas telah merampas barang-barang dari rumah Tuhan, dari rumah raja dan para pemimpin dan menyerahkan semua ke tangan raja Asyur (2Taw. 28:20-21).

Niniwe juga banyak menjarah dan merampas kota-kota yang mereka taklukkan. Kota Niniwe penuh dengan barang-barang berharga hasil rampasannya. Sekarang diberikan nubuat bahwa kota tersebut akan mendapat celaka yang sesuai dengan kejahatan mereka (1).

Kota tersebut akan diserang dengan dahsyat, akan terdengar lecut cambuk dan derak-derik roda (2). Banyak dari mereka yang akan mati, sampai tidak habis-habisnya mayat dijalanan (3). Bukan itu saja, Tuhan sendiri yang akan melawan Niniwe (perhatikan Tuhan berkata "Aku akan..." tiga kali dalam ayat 5-6). Tuhan akan mempermalukan mereka yang digambarkan dengan Niniwe akan ditelanjangi di depan kerajaan-kerajaan lain (5), yang berarti kejahatan Niniwe akan ditunjukkan kepada bangsa bangsa lain. Karena kota Niniwe adalah kota penumpah darah yang sarat dengan kejahatan dan kekejaman, tidak mengherankan tidak ada yang akan meratapi keruntuhan Niniwe (7).

Allah kita Mahaadil, yang adil yang akan menghukum setiap kejahatan yang dilakukan. Ini juga harus menjadi peringatan bagi kita untuk tidak melakukan kejahatan. [IT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/07/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Nahum+3:1-7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Nahum+3:1-7

Nahum 3:1-7

 1  Celakalah kota penumpah darah itu! Seluruhnya dusta belaka, penuh dengan perampasan, dan tidak henti-hentinya penerkaman!
 2  Dengar, lecut cambuk dan derak-derik roda! Dengar, kuda lari menderap, dan kereta meloncat-loncat!
 3  Pasukan berkuda menyerang, pedang bernyala-nyala dan tombak berkilat-kilat! Banyak yang mati terbunuh dan bangkai bertimbun-timbun! Tidak habis-habisnya mayat-mayat, orang tersandung jatuh pada mayat-mayat!
 4  Semuanya karena banyaknya persundalan si perempuan sundal, yang cantik parasnya dan ahli dalam sihir, yang memperdayakan bangsa-bangsa dengan persundalannya dan kaum-kaum dengan sihirnya.
 5  Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, demikianlah firman TUHAN semesta alam; Aku akan mengangkat ujung kainmu sampai ke mukamu dan akan memperlihatkan auratmu kepada bangsa-bangsa dan kemaluanmu kepada kerajaan-kerajaan.
 6  Aku akan melemparkan barang keji ke atasmu, akan menghina engkau dan akan membuat engkau menjadi tontonan.
 7  Maka semua orang yang melihat engkau akan lari meninggalkan engkau serta berkata: "Niniwe sudah rusak! Siapakah yang meratapi dia? Dari manakah aku akan mencari penghibur-penghibur untuk dia?"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar