Santapan Rohani Hari Ini: Kita Bisa Tahu

Posted On // Leave a Comment

Santapan Rohani Hari Ini: Kita Bisa Tahu


Kita Bisa Tahu

Posted: 30 Sep 2015 10:00 AM PDT

Kamis, 1 Oktober 2015

Kita Bisa Tahu

Baca: 1 Yohanes 5:10-15

5:10 Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Dia menjadi pendusta, karena ia tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.

5:11 Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.

5:12 Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.

5:13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

5:14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

5:15 Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.

Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu . . . tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal. —1 Yohanes 5:13

Kita Bisa Tahu

Saat menaiki kereta untuk pergi ke sebuah pertemuan penting, saya mulai bertanya-tanya apakah saya sudah duduk di kereta dengan jurusan yang benar. Saya belum pernah melewati rute itu sebelumnya dan lupa bertanya pada petugas. Akhirnya, karena merasa makin ragu dan tidak pasti, saya pun turun di stasiun terdekat. Setelah itu barulah saya diberi tahu bahwa saya sebenarnya sudah berada di kereta yang benar!

Insiden itu mengingatkan saya bagaimana keraguan dapat merampas kedamaian dan keyakinan iman kita. Dahulu saya pernah bergumul dengan kepastian keselamatan saya, tetapi Allah telah menolong saya mengatasi keraguan tersebut. Kemudian, setelah saya membagikan kisah tentang pertobatan saya dan keyakinan bahwa saya akan pergi ke surga, ada yang bertanya, “Bagaimana kamu bisa yakin telah diselamatkan dan akan pergi ke surga?” Dengan sikap yakin dan niat tulus, saya menunjukkan kepadanya ayat yang telah digunakan Allah untuk menolong saya: “Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal” (1Yoh. 5:13).

Allah berjanji bahwa melalui iman kepada Anak-Nya, Yesus, kita sudah memiliki hidup kekal: “Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya” (ay.11). Kepastian tersebut akan meneguhkan iman kita, membangkitkan kita di tengah kekecewaan, dan menyemangati kita di saat kita diterpa berbagai keraguan. —Lawrence Darmani

Tuhan terkasih, saat aku ragu tolong aku untuk mengingat janji firman-Mu. Karena aku telah mengundang Yesus untuk datang dalam hidupku dan mempercayai penebusan-Nya atas dosa-dosaku, Engkau telah menjanjikanku kehidupan kekal bersama-Mu.

Mengingat-ingat janji Allah akan melenyapkan keraguan.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 11-13; Efesus 4

0 komentar:

Posting Komentar