Santapan Rohani Hari Ini: Merasa Ditinggalkan

Posted On // Leave a Comment

Santapan Rohani Hari Ini: Merasa Ditinggalkan


Merasa Ditinggalkan

Posted: 15 Sep 2015 10:00 AM PDT

Rabu, 16 September 2015

Merasa Ditinggalkan

Baca: Mazmur 22:2-22

22:2 Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku.

22:3 Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab, dan pada waktu malam, tetapi tidak juga aku tenang.

22:4 Padahal Engkaulah Yang Kudus yang bersemayam di atas puji-pujian orang Israel.

22:5 Kepada-Mu nenek moyang kami percaya; mereka percaya, dan Engkau meluputkan mereka.

22:6 Kepada-Mu mereka berseru-seru, dan mereka terluput; kepada-Mu mereka percaya, dan mereka tidak mendapat malu.

22:7 Tetapi aku ini ulat dan bukan orang, cela bagi manusia, dihina oleh orang banyak.

22:8 Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya:

22:9 “Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?”

22:10 Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan; Engkau yang membuat aku aman pada dada ibuku.

22:11 Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.

22:12 Janganlah jauh dari padaku, sebab kesusahan telah dekat, dan tidak ada yang menolong.

22:13 Banyak lembu jantan mengerumuni aku; banteng-banteng dari Basan mengepung aku;

22:14 mereka mengangakan mulutnya terhadap aku seperti singa yang menerkam dan mengaum.

22:15 Seperti air aku tercurah, dan segala tulangku terlepas dari sendinya; hatiku menjadi seperti lilin, hancur luluh di dalam dadaku;

22:16 kekuatanku kering seperti beling, lidahku melekat pada langit-langit mulutku; dan dalam debu maut Kauletakkan aku.

22:17 Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.

22:18 Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku.

22:19 Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

22:20 Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; ya kekuatanku, segeralah menolong aku!

22:21 Lepaskanlah aku dari pedang, dan nyawaku dari cengkeraman anjing.

22:22 Selamatkanlah aku dari mulut singa, dan dari tanduk banteng. Engkau telah menjawab aku!

Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? —Matius 27:46

Merasa Ditinggalkan

Dalam buku karyanya The Screwtape Letters (Surat-Surat Screwtape), C. S. Lewis menceritakan percakapan imajiner antara setan senior dan setan junior yang sedang berdiskusi tentang cara-cara yang tepat untuk mencobai seorang Kristen. Kedua setan itu ingin menghancurkan iman orang Kristen tersebut kepada Allah. “Jangan tertipu,” ujar si setan senior kepada juniornya. “Usaha kita berada dalam bahaya yang amat besar ketika seorang anak manusia . . . memandang ke seluruh jagad raya yang seakan tidak lagi menyisakan jejak-jejak [Allah], dan bertanya mengapa ia ditinggalkan oleh-Nya, tetapi masih tetap taat.”

Alkitab memberi kita banyak teladan orang yang tetap melangkah dalam iman sekalipun mereka merasa ditinggalkan. Abram merasa bahwa janji Allah untuk memberinya seorang ahli waris telah diabaikan (Kej. 15:2-3). Pemazmur merasa diabaikan di tengah kesusahannya (Mzm. 10:1). Pergumulan Ayub sedemikian besarnya sehingga ia berpikir bahwa Allah akan membunuhnya (Ayb. 13:15). Dan Yesus berseru dari atas salib: “Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” (Mat. 27:46). Namun setiap kali, Allah terbukti tetap setia (Kej. 21:1-7; Mzm. 10:16-18; Ayb. 38:1-42:17; Mat. 28:9-20).

Walaupun Iblis akan berusaha mencobaimu dengan membuat kamu berpikir bahwa kamu telah ditinggalkan, Allah selalu dekat. Dia tidak pernah meninggalkan umat kepunyaan-Nya. “Allah telah berfirman: ‘Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.’ Sebab itu, dengan yakin kita dapat berkata: ‘Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut’” (Ibr. 13:5-6). —Dennis Fisher

Ya Tuhan, walaupun awan dan kegelapan terkadang melingkupiku, aku tahu bahwa Engkau selalu dekat di sisiku. Terima kasih.

Di saat kita takut, Allah selalu bersama kita.

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 25-26; 2 Korintus 9

#Selfie

Posted: 15 Sep 2015 02:00 AM PDT

Penulis: Karen Kwek, Singapore
Ilustrator: Marie Toh

Lihat! Aku sedang di Peru—di depan reruntuhan Machu Picchu, reruntuhan kerajaan Inka.

Ini juga aku, lagi seru nonton konser.

Lihat lagi nih, aku siap menyantap iga bakar ukuran jumbo.

Nah, yang ini aku baru keluar salon dengan model rambutku yang baru.

Halaman demi halaman profil media sosialku menyentakku dengan sebuah kebenaran. Aku adalah seorang yang ketagihan selfie. Dan, aku tidak sendirian.

Potret diri sendiri jelas bukanlah hal yang baru. Selama berabad-abad, para seniman telah membuat gambar diri mereka agar dapat dikenal generasi berikutnya. Namun, belakangan ini, ponsel pintar dengan kamera depan telah membuat orang sangat mudah memotret diri sendiri. Kita tidak perlu menjadi seorang seniman seperti Van Gogh dulu untuk bisa membuat gambar diri yang siap dipamerkan di hadapan banyak orang. Cukup menekan satu tombol saja, foto kita bisa meraih banyak hati di Instagram atau banyak jempol di Facebook. Kita tidak hanya sibuk ber-selfie-ria, kita juga sibuk saling memberi komentar tentang selfie. Setelah dinobatkan oleh Kamus Oxford sebagai kata terpopuler tahun 2013, kata selfie akhirnya resmi dimasukkan dalam kamus bahasa Inggris tersebut pada bulan Juni 2014. Suka atau tidak suka, selfie ada di dalam dunia kita.

Namun, bagaimana mungkin orang tidak suka selfie? Kita tidak lagi perlu menyetel pengaturan foto otomatis lalu berlari-lari untuk mengambil posisi sebelum sinyal merah pada kamera berhenti berkedip. Kita tidak lagi perlu khawatir hasil foto kita kabur, atau ibu jari kita kelihatan karena hanya bisa mengira-ngira posisi yang tepat saat kamera dihadapkan kepada kita. Kita juga tidak perlu repot-repot datang ke studio foto. Sekarang sudah tersedia juga sejumlah aplikasi ponsel yang memberi petunjuk bagaimana memposisikan kepala dan kedua belah bahu dengan tepat, agar kita bisa membuat pas foto resmi sendiri. Kita bahkan bisa mengambil foto berulang kali sampai senyum kita terlihat sempurna, karena—jujur saja—kita sendirilah yang paling bisa menilai foto mana yang ingin kita tampilkan kepada dunia.

Fenomena selfie membuatku bertanya: apakah selfie hanyalah sebuah cara yang menyenangkan untuk mengabadikan dan membagikan cerita hidup kita kepada teman-teman kita, ataukah ada sesuatu di balik tren ini yang penting untuk kita cermati, lebih dari sekadar memuaskan mata? Mungkinkah hobi selfie menunjukkan sesuatu yang lebih dalam tentang motivasi kita, sikap-sikap kita, dan apa yang kita pikirkan tentang diri kita?

Rasa Tenteram yang Semu
Pada bulan April 2014, seorang bernama Radhika Sanghani menulis sebuah artikel untuk surat kabar UK's Telegraph. Ia mengamati bahwa orang sepertinya menemukan semacam rasa aman dengan terus menerus berada di depan sekaligus di belakang kamera:

Saat aku bicara dengan teman-temanku yang paling sering selfie, mereka sepakat bahwa mereka merasa tenteram bila memiliki kendali atas gambar diri mereka. "Lebih mudah menyunting dan mengontrol foto yang kamu ambil sendiri daripada foto yang diambil orang lain," kata seorang teman. "Kamu dapat membuat fotomu terlihat lebih baik."

Wajar saja jika kita ingin dilihat dalam penampilan terbaik kita. Siapa juga yang mau tampil asal-asalan saat menghadiri sebuah acara atau wawancara pekerjaan? Akan tetapi, media sosial sepertinya telah menaikkan standar itu dengan memberi kesempatan yang lebih luas untuk menampilkan sisi terbaik kita. Ketika foto-foto selfie kita terpasang di sana, dunia dapat melihat lebih banyak sisi kehidupan kita, dan kita pun bisa mengetahui pandangan orang tentang diri kita. Dalam artikelnya, Sanghani berpendapat bahwa ber-selfie-ria menunjukkan keinginan untuk "diperhatikan dan diterima dalam masyarakat". Penerimaan ini seringkali diukur dengan jumlah "like" yang kita peroleh—sebab itu orang bisa menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu mengapa foto tertentu mendapatkan "like" lebih banyak dari yang lain. Tanpa disadari kita bisa membiarkan orang lain menentukan apa yang bernilai bagi kita dan mendefinisikan identitas kita.

Ketika nilai diri kita didasarkan pada pengakuan orang lain, hati kita akan sangat sulit untuk merasa tenang. Kita terus-menerus merasa perlu memperbarui halaman profil kita. Dengan menekan sebuah tombol, kita menghapus semua yang tidak sesuai dengan citra yang ingin kita tampilkan. Kita hanya menyunting, menyimpan, dan mengirimkan foto-foto aktivitas kita yang paling keren sepanjang minggu. Kita khawatir kalau-kalau "diri kita yang sesungguhnya" tidak diwakili dengan baik oleh foto-foto kita.

Tidak heran bila sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 di UK menemukan hubungan kecanduan selfie dengan masalah citra diri. Studi yang melibatkan lebih dari 2.000 pria dan wanita berusia 18-30 tahun itu menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur mengambil foto selfie memiliki perasaan rendah diri. Tetapi, mengapa harga diri kita begitu rapuh? Apakah itu disebabkan kita selalu bertanya pada diri kita: Layakkah aku? Siapa yang mau menyukai dan menerimaku?

Nilai Diri yang Sejati
Bagaimana bila ternyata ada cara yang lebih baik untuk menilai diri kita daripada mencari pendapat orang lain? Bagaimana bila ada seseorang yang dapat mengetahui segala sesuatu tentang diri kita dan tetap menerima kita apa adanya—lengkap dengan segala kekurangan kita? Dan, bagaimana bila pendapat orang itu adalah satu-satunya pendapat yang benar-benar penting?

Berita baiknya, Pribadi itu sungguh ada. Alkitab memberitahu kita bahwa Pribadi ini mengenal kita seutuhnya, bahkan sebelum kita dilahirkan, karena Dialah yang menciptakan kita:

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku,
menenun aku dalam kandungan ibuku.
Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib;
ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu,
ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi,
dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;
mata-Mu melihat selagi aku bakal anak,
dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis
hari-hari yang akan dibentuk,
sebelum ada satupun dari padanya.
(Mazmur 139:13-16)

Setiap kita diciptakan secara istimewa. Kita bisa meyakini hal ini tanpa harus mengirim foto selfie dan menghitung jumlah "like". Mengapa? Karena Dia yang menciptakan kita adalah Pribadi yang memegang otoritas atas segala sesuatu, dan Dia sendiri yang menyatakan hal ini! Siapakah Dia? Dialah Pencipta kita. Dia menghargai kita sebagaimana adanya kita dan tidak menghakimi kita berdasarkan penampilan luar kita.

Dalam kenyataannya, Sang Pencipta ini telah membuktikan betapa Dia menghargai dan mengasihi kita dengan datang sebagai manusia untuk membangun relasi dengan kita. Namanya adalah Yesus Kristus. Betapa hebatnya bisa memiliki sahabat seperti Dia! Lupakan jumlah "like" di media sosial—apa yang bisa lebih hebat daripada menjadi sahabat Sang Pencipta?

Jadi, bagaimana kita harus memandang selfie? Pastinya selfie adalah cara hebat mengabadikan momen-momen penting untuk dapat diketahui oleh generasi mendatang. Namun, jika kita memiliki pemahaman yang utuh tentang siapa diri kita sebagai ciptaan Yesus, kita tidak akan lagi khawatir tentang apa yang dipikirkan orang tentang kita atau foto-foto selfie kita. Mereka tidak akan lagi mendefinisikan identitas kita, karena Yesus telah menyatakan bahwa kita adalah ciptaan yang berharga dan dikasihi-Nya.

Apakah kamu tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa Yesus yang melihat dan menghargaimu sebagaimana adanya, juga tentang undangan persahabatan-Nya? Bukankah akan hebat bisa melihat siapa dirimu menurut pandangan-Nya dan mengenal identitas dirimu yang sejati?

Jika kamu merasa tertantang untuk menemukan identitasmu yang sejati, kami berharap kamu akan mencari tahu lebih banyak tentang undangan persahabatan yang diberikan oleh Yesus. Kami mendorongmu untuk berbicara dengan seorang teman atau staf di gereja yang dekat dengan tempat tinggalmu untuk mengetahuinya lebih lanjut. Kami berharap artikel-artikel yang kami muat di situs web kami juga dapat menolongmu untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar