(e-SH) 28 September -- Kisah Para Rasul 19:13-20 - Jangan Mempermainkan Kuasa Allah!

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 28 September 2024
Ayat SH: Kisah Para Rasul 19:13-20

Judul: Jangan Mempermainkan Kuasa Allah!

Dalam sejarah kekristenan, mengeksploitasi nama Yesus demi keuntungan finansial bukanlah hal yang asing. Bahkan di negara dengan penduduk mayoritas Kristen, nama Yesus dipakai untuk merebut kekuasaan.

Melihat keberhasilan Paulus menggunakan nama Yesus untuk keajaiban kesembuhan dan pengusiran setan (lih.19:12), para praktisi eksorsis Yahudi, yaitu tujuh anak Imam

Besar Skewa juga mencoba menggunakan nama Yesus (14). Namun, upaya mereka berakibat fatal! Orang yang kerasukan itu justru menerkam anak-anak Skewa, sehingga mereka lari keluar dengan telanjang (16). Bermain dengan kuasa-kuasa memang berbahaya. Apalagi jika yang dimainkan adalah kekuasaan sejati dan nyata, bahkan Iblis pun bersaksi, "Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapa kamu?" (15) Anak-anak Skewa mempermainkan nama Yesus, namun ironisnya, nama Yesus justru makin dikenal (17).

Permainan kekuasaan, politik, dan uang atas nama agama sudah setua sejarah umat manusia sendiri. Umat Kristen di Indonesia juga tidak kebal dari praktik semacam ini. Apalagi karena agama dan simbol-simbolnya sangat kuat memengaruhi sendi-sendi kehidupan di Indonesia.

Lebih jauh, platform media sosial yang dilengkapi dengan AI (Artificial Intelligence) menghasilkan tantangan tersendiri. Dengan mendeteksi pola konsumsi berita dari penggunanya, platform medsos sanggup melempar berita-berita yang dikenali dan disukai pemakainya, sehingga terjadi polarisasi dan adu opini di tengah masyarakat. Isu-isu atas nama agama dapat terpolarisasi secara efektif dengan cara itu. Dengan cara demikian pula, setan zaman modern merusak individu, bahkan menghancurkan negara.

Akibatnya, menghayati nama Yesus dengan sungguh seperti yang dilakukan Paulus menjadi sangat penting dalam zaman kita juga. Apakah kita hanya menganggap nama Yesus sebagai alat untuk meraup keuntungan pribadi? Hati-hatilah bermain dengan kuasa Allah yang sanggup menekuk setan sekalipun untuk memberikan kesaksian bagi-Nya! [IHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/09/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+19:13-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+19:13-20

Kisah Para Rasul 19:13-20

13  Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: "Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang diberitakan oleh Paulus."
14  Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa.
15  Tetapi roh jahat itu menjawab: "Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?"
16  Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka.
17  Hal itu diketahui oleh seluruh penduduk Efesus, baik orang Yahudi maupun orang Yunani, maka ketakutanlah mereka semua dan makin masyhurlah nama Tuhan Yesus.
18  Banyak di antara mereka yang telah menjadi percaya, datang dan mengaku di muka umum, bahwa mereka pernah turut melakukan perbuatan-perbuatan seperti itu.
19  Banyak juga di antara mereka, yang pernah melakukan sihir, mengumpulkan kitab-kitabnya lalu membakarnya di depan mata semua orang. Nilai kitab-kitab itu ditaksir lima puluh ribu uang perak.
20  Dengan jalan ini makin tersiarlah firman Tuhan dan makin berkuasa.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar