(e-SH) 14 Juli -- Kejadian 35:1-15 - Menghormati Tuhan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 14 Juli 2024
Ayat SH: Kejadian 35:1-15

Judul: Menghormati Tuhan

Dalam firman-Nya, Tuhan memerintahkan Yakub untuk pergi ke Betel dan mendirikan mazbah. Yakub tentu merespons firman Tuhan dengan taat, tetapi sebelum ia pergi, ada yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Yakub meminta seluruh anggota keluarganya untuk menyingkirkan segala berhala yang mereka miliki, juga untuk menyucikan diri dan mengganti pakaian sebagai simbol bagi umat-Nya yang menguduskan diri dari segala dosa mereka (2-3; bdk. Kel. 19:10).

Permintaan ini menunjukkan keseriusan Yakub untuk bertemu dengan Tuhan. Ia memahami bahwa ia tidak bisa bertemu Tuhan dengan sembarangan. Penyembahan berhala yang sangat kental saat itu ditambah dengan benda-benda yang mereka pandang sebagai jimat keberuntungan masih mereka simpan. Semua itu dikumpulkan oleh Yakub dan ditanam di bawah pohon besar (4).

Terlebih lagi, mengingat peristiwa sebelumnya di mana anak-anaknya melakukan dosa yang besar (bdk. Kej. 34), sangatlah tepat jika ia meminta seluruh keluarganya untuk menyucikan diri mereka.

Setelah sampai di Betel, Yakub membangun mazbah, lalu mendirikan tugu batu dan menyiramnya dengan minyak (7, 14). Menurut penafsir, minyak itu adalah minyak zaitun murni yang mahal harganya. Maka, semua hal yang dilakukan Yakub menunjukkan rasa hormatnya kepada Tuhan.

Sayangnya, hari ini banyak orang Kristen yang datang beribadah tidak dengan rasa hormat kepada Tuhan. Mereka lupa bahwa mereka sedang bertemu dengan Sang Pencipta dan Penguasa hidup mereka.

Melalui firman Tuhan hari ini, mari kita kembali mengoreksi kehidupan ibadah kita. Apakah setiap kali kita beribadah, kita menyiapkan diri dan hati dengan serius? Apakah kita datang kepada Tuhan dengan menjaga kekudusan dan menjauhkan berhala dari hidup kita?

Mungkin berhala kita bukan benda tertentu, melainkan ambisi atau orang yang kita hormati lebih dari Tuhan. Apa pun itu, Tuhan mau kita menghormati Dia lebih dari siapa pun dan apa pun. Kiranya firman ini senantiasa mengingatkan kita untuk menghormati Tuhan. [STG]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/07/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kejadian+35:1-15
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+35:1-15

Kejadian 35:1-15

 1  Allah berfirman kepada Yakub: "Bersiaplah, pergilah ke Betel, tinggallah di situ, dan buatlah di situ mezbah bagi Allah, yang telah menampakkan diri kepadamu, ketika engkau lari dari Esau, kakakmu."
 2  Lalu berkatalah Yakub kepada seisi rumahnya dan kepada semua orang yang bersama-sama dengan dia: "Jauhkanlah dewa-dewa asing yang ada di tengah-tengah kamu, tahirkanlah dirimu dan tukarlah pakaianmu.
 3  Marilah kita bersiap dan pergi ke Betel; aku akan membuat mezbah di situ bagi Allah, yang telah menjawab aku pada masa kesesakanku dan yang telah menyertai aku di jalan yang kutempuh."
 4  Mereka menyerahkan kepada Yakub segala dewa asing yang dipunyai mereka dan anting-anting yang ada pada telinga mereka, lalu Yakub menanamnya di bawah pohon besar yang dekat Sikhem.
 5  Sesudah itu berangkatlah mereka. Dan kedahsyatan yang dari Allah meliputi kota-kota sekeliling mereka, sehingga anak-anak Yakub tidak dikejar.
 6  Lalu sampailah Yakub ke Lus yang di tanah Kanaan--yaitu Betel--,ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia.
 7  Didirikannyalah mezbah di situ, dan dinamainyalah tempat itu El-Betel, karena Allah telah menyatakan diri kepadanya di situ, ketika ia lari terhadap kakaknya.
 8  Ketika Debora, inang pengasuh Ribka, mati, dikuburkanlah ia di sebelah hilir Betel di bawah pohon besar, yang dinamai orang: Pohon Besar Penangisan.
 9  Setelah Yakub datang dari Padan-Aram, maka Allah menampakkan diri pula kepadanya dan memberkati dia.
10  Firman Allah kepadanya: "Namamu Yakub; dari sekarang namamu bukan lagi Yakub, melainkan Israel, itulah yang akan menjadi namamu." Maka Allah menamai dia Israel.
11  Lagi firman Allah kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa. Beranakcuculah dan bertambah banyak; satu bangsa, bahkan sekumpulan bangsa-bangsa, akan terjadi dari padamu dan raja-raja akan berasal dari padamu.
12  Dan negeri ini yang telah Kuberikan kepada Abraham dan kepada Ishak, akan Kuberikan kepadamu dan juga kepada keturunanmu."
13  Lalu naiklah Allah meninggalkan Yakub dari tempat Ia berfirman kepadanya.
14  Kemudian Yakub mendirikan tugu di tempat itu, yakni tugu batu; ia mempersembahkan korban curahan dan menuangkan minyak di atasnya.
15  Yakub menamai tempat di mana Allah telah berfirman kepadanya "Betel".


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar