(e-SH) 13 Juni -- Kejadian 14:17-24 - Allah Adalah Penulis Utama Alkitab

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 13 Juni 2024
Ayat SH: Kejadian 14:17-24

Judul: Allah Adalah Penulis Utama Alkitab

Sekarang ini banyak orang Kristen tidak percaya bahwa penulis utama Alkitab adalah

Allah sendiri yang mengilhamkan kepada manusia untuk menuliskan Alkitab (lih. 2Tim. 3:16). Nas bacaan kita hari ini jelas membuktikan bahwa Allah adalah penulis utama Alkitab.

Kisah tentang Melkisedek muncul di dalam tiga kitab, yaitu Kitab Kejadian, Kitab Mazmur, dan Kitab Ibrani. Peristiwa tentang Melkisedek yang berjumpa dengan Abraham sepertinya tidak terlalu penting. Intinya adalah Melkisedek, raja Salem (yaitu raja Yerusalem), yang juga adalah imam Allah Yang Maha Tinggi, datang membawa roti dan anggur, lalu ia memberkati Abram, dan Abram memberikan sepersepuluh miliknya (18-20).

Dalam Mazmur 110:4, Tuhan bersumpah bahwa Mesias adalah imam untuk selama-lamanya dalam aturan Melkisedek. Kemudian, penulis Surat Ibrani mengutip ayat ini berkali-kali untuk menegaskan bahwa Yesus adalah Imam Besar dalam aturan Melkisedek (Ibr. 5:6; 6:20; 7:17, 21).

Menariknya, jika salah satu kitab ini tidak membicarakan Melkisedek, maka secara logis Yesus tidak dapat menjadi imam besar; itu berarti Yesus tidak dapat mempersembahkan diri-Nya sebagai korban untuk menebus kita dari dosa, dan tidak seorang pun dari kita akan diselamatkan.

Yesus tidak dapat menjadi imam dalam aturan Taurat Musa karena Yesus bukan keturunan Imam Harun. Supaya Yesus dapat menjadi imam besar, Allah memunculkan Melkisedek, dan bersumpah bahwa Yesus akan menjadi imam dalam aturan Melkisedek.

Ketiga kitab ini ditulis dalam kurun waktu yang sangat berbeda. Kitab Kejadian ditulis oleh Musa pada sekitar 1400 SM, Kitab Mazmur ditulis Daud pada sekitar 1000 SM, dan Kitab Ibrani ditulis pada abad pertama Masehi. Tak mungkin ketiga penulis ini bertemu, apalagi bekerja sama, supaya Yesus dapat menjadi imam besar. Inilah salah satu bukti bahwa Allah adalah penulis utama yang berperan secara nyata dalam penulisan seluruh Alkitab.

Mari kita percaya bahwa Alkitab kita diilhamkan oleh Allah, dan karenanya, berotoritas atas hidup kita. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/06/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kejadian+14:17-24
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+14:17-24

Kejadian 14:17-24

17  Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja.
18  Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
19  Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,
20  dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.
21  Berkatalah raja Sodom itu kepada Abram: "Berikanlah kepadaku orang-orang itu, dan ambillah untukmu harta benda itu."
22  Tetapi kata Abram kepada raja negeri Sodom itu: "Aku bersumpah demi TUHAN, Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi:
23  Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu itu, sepotong benang atau tali kasutpun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya.
24  Kalau aku, jangan sekali-kali! Hanya apa yang telah dimakan oleh bujang-bujang ini dan juga bagian orang-orang yang pergi bersama-sama dengan aku, yakni Aner, Eskol dan Mamre, biarlah mereka itu mengambil bagiannya masing-masing."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar