(e-SH) 27 Mei -- Kisah Para Rasul 5:1-11 - Mendustai Roh Kudus

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 27 Mei 2024
Ayat SH: Kisah Para Rasul 5:1-11

Judul: Mendustai Roh Kudus

Roh Kudus tidak mungkin bisa didustai. Sebagai Pribadi yang tak terpisah dan tak tercampur dari Trinitas, Roh Kudus adalah Allah. Berdusta kepada Roh Kudus berarti berdusta kepada Tuhan. Hal inilah yang menjadi pengajaran penting dari para rasul supaya dasar kehidupan umat beriman dibangun dalam kebenaran.

Kisah Ananias dan Safira yang ditulis para rasul tentu menjadi pelajaran berharga. Dusta kepada Roh Kudus adalah jalan kematian, bukan jalan menuju hidup kekal! Apalagi ketika dusta dikerjakan secara berjamaah, Tuhan yang kudus jelas tidak berkenan. Ananias dan Safira pun meregang nyawa setelah dusta mereka terkonfirmasi di depan para rasul.

Dengan keras, Rasul Petrus berkata: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar" (9).

Dikisahkan selanjutnya, Safira rebah seketika di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ia bernasib sama dengan suaminya yang telah mendahului tiga jam sebelumnya. Hal ini tentu sangat mengejutkan banyak orang. Bahkan, seluruh jemaat pun ketakutan setelah mengetahui hal tersebut.

Begitulah ujung dari jalan dusta: kematian! Sekarang perenungan kita adalah mengapa Ananias dan Safira memilih untuk berdusta?

Dusta dilahirkan dari kondisi kurangnya iman selain dipenuhi dengan berbagai kekhawatiran. Dua hal ini menjauhkan mereka dari rasa sehati sejiwa dengan kasih setia Tuhan. Andai saja mereka tetap sehati sejiwa di dalam Tuhan, hidup mereka sudah pasti berada dalam topangan kasih setia Tuhan, Sang Maha Pengasih. Apalagi, kasih setia Tuhan itu kekal, berbeda dari uang hasil menahan sebagian penjualan tanah yang fana. Sayangnya, mereka memilih jalan dusta, yang menandakan sikap pengkhianatan terhadap kasih setia Tuhan.

Seperti para rasul, hendaklah kita sehati sejiwa dalam kasih setia Tuhan karena itu adalah jalan menuju hidup kekal. Itulah arti pentingnya kejujuran yang berlawanan dengan dusta. [SET]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/05/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+5:1-11
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+5:1-11

Kisah Para Rasul 5:1-11

 1  Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.
 2  Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul.
 3  Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
 4  Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
 5  Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu.
 6  Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya.
 7  Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi.
 8  Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian."
 9  Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."
10  Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya.
11  Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar