(e-RH) 4 April -- 2 KORINTUS 5:11-21 - DIUBAH MENJADI BARU

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 4 April 2024
Bacaan : 2 KORINTUS 5:11-21
Setahun: 1 Samuel 28-31
Nats: Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: Yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. (2 Korintus 5:17)

Renungan:

DIUBAH MENJADI BARU

Daur ulang adalah sebuah proses yang dilakukan terhadap benda-benda yang usang atau rusak menjadi benda baru dan bernilai. Barang-barang yang tadinya sudah dianggap sampah dan tidak berguna dapat diproses ulang menjadi barang berkualitas dan bernilai tinggi. Seiring berkembangnya teknologi, air yang tercemar dan tidak layak minum pun dapat didaur ulang sehingga dapat digunakan dan bermanfaat bagi manusia.

Kepada jemaat di Korintus, Rasul Paulus mengingatkan siapa sejatinya hidup manusia di luar Tuhan. Karena dosa, hidup manusia tak ubahnya seonggok sampah yang sedang menanti waktunya untuk dibakar. Namun karena kasih Allah, Anak-Nya yang tunggal, yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya kita dibenarkan-Nya (ay. 21). Dan Kristus rela mati untuk mengambil dan mengubah hidup manusia yang sudah rusak itu agar menjadi baru. Rasul Paulus tidak ragu untuk bersaksi tentang kehidupannya yang dulu, yang rusak dan tidak berguna, namun saat ia di dalam Kristus, ia menjadi ciptaan baru dan hidup untuk melayani Kristus.

Kehidupan manusia, seburuk apa pun kita menilai tentang diri kita, tetaplah berharga di mata Allah. Dia tidak segan meninggalkan kemuliaan-Nya untuk menemukan kita. Di tangan-Nya, hidup kita yang rusak itu, diubah-Nya menjadi ciptaan baru. Yang lama itu sudah berlalu, yang baru sudah datang. --SYS/www.renunganharian.net
   
KRISTUS TELAH MATI SUPAYA HIDUP KITA YANG RUSAK OLEH DOSA DIUBAH-NYA MENJADI CIPTAAN BARU DAN BERGUNA BAGI-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/04/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+KORINTUS+5:11-21

2 KORINTUS 5:11-21

11  Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan, karena itu kami berusaha meyakinkan orang. Bagi Allah hati kami nyata dengan terang dan aku harap hati kami nyata juga demikian bagi pertimbangan kamu.
12  Dengan ini kami tidak berusaha memuji-muji diri kami sekali lagi kepada kamu, tetapi kami mau memberi kesempatan kepada kamu untuk memegahkan kami, supaya kamu dapat menghadapi orang-orang yang bermegah karena hal-hal lahiriah dan bukan batiniah.
13  Sebab jika kami tidak menguasai diri, hal itu adalah dalam pelayanan Allah, dan jika kami menguasai diri, hal itu adalah untuk kepentingan kamu.
14  Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati.
15  Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.
16  Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian.
17  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
18  Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.
19  Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.
20  Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.
21  Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?1+Samuel+28-31
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Samuel+28-31

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar