(e-RH) 20 Februari -- 2 RAJA-RAJA 4:8-17 - MENGALAMI KEMURAHAN HATI

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 20 Februari 2024
Bacaan : 2 RAJA-RAJA 4:8-17
Setahun: Bilangan 21-22
Nats: "Baiklah kita membuat sebuah kamar atas yang kecil berdinding batu. Baiklah kita menaruh di sana sebuah tempat tidur, meja, kursi, dan kandil baginya. Apabila ia datang kepada kita, ia boleh tinggal di sana." (2 Raja-raja 4:10)

Renungan:

MENGALAMI KEMURAHAN HATI

Kemurahan hati adalah salah satu karakter yang mudah menular. Mereka yang telah mengalami kemurahan hati orang lain, biasanya akan lebih mudah tergerak untuk bermurah hati. Fakta lainnya, ketika kita mempraktikkan sikap murah hati, kita sendiri juga akan mengalami balasannya, entah saat itu juga ataupun di kesempatan lain. Ini dikatakan Tuhan Yesus dalam Matius 5:7, TB "Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan."

Perempuan Sunem diam-diam mengamati pelayanan Nabi Elisa. Tiap kali Elisa datang ke daerahnya, perempuan ini mengundangnya makan di rumahnya. Lalu, ia dan suaminya sepakat membangun satu kamar khusus beserta perlengkapannya untuk Elisa, agar dapat ia tempati tiap kali melayani ke sana. Di luar dugaannya, keluarga ini akhirnya mendapatkan kemurahan yang tak pernah mereka bayangkan. Mereka dikaruniai seorang anak laki-laki berkat doa sang nabi.

Saya percaya bahwa setiap kita telah menyaksikan atau mengalami kemurahan hati dari begitu banyak orang, termasuk dalam pelayanan di ladang Tuhan. Bahkan menurut data Charities Aid Foundation World Giving Index 2021, Indonesia menempati peringkat satu sebagai negara paling dermawan di dunia. Hebatnya, mereka yang bermurah hati ini tidak melulu orang kaya, melainkan orang-orang sederhana yang rela berbagi di tengah keterbatasan. Tak harus kaya supaya dapat berbagi atau bermurah hati. Justru saat kita rela berbagi, kita akan merasa kaya. Kiranya kita setia mempraktikkannya, agar rantai kemurahan hati ini terus berlanjut dan menjamah hidup banyak orang. --HT/www.renunganharian.net
   
MENUNJUKKAN KEMURAHAN HATI KEPADA SESAMA ADALAH TANDA BAHWA KITA MENSYUKURI BERKAT TUHAN YANG TELAH KITA TERIMA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/02/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+RAJA-RAJA+4:8-17

2 RAJA-RAJA 4:8-17

 8  Pada suatu hari Elisa pergi ke Sunem. Di sana tinggal seorang perempuan kaya yang mengundang dia makan. Dan seberapa kali ia dalam perjalanan, singgahlah ia ke sana untuk makan.
 9  Berkatalah perempuan itu kepada suaminya: "Sesungguhnya aku sudah tahu bahwa orang yang selalu datang kepada kita itu adalah abdi Allah yang kudus.
10  Baiklah kita membuat sebuah kamar atas yang kecil yang berdinding batu, dan baiklah kita menaruh di sana baginya sebuah tempat tidur, sebuah meja, sebuah kursi dan sebuah kandil, maka apabila ia datang kepada kita, ia boleh masuk ke sana."
11  Pada suatu hari datanglah ia ke sana, lalu masuklah ia ke kamar atas itu dan tidur di situ.
12  Kemudian berkatalah ia kepada Gehazi, bujangnya: "Panggillah perempuan Sunem itu." Lalu dipanggilnyalah perempuan itu dan dia berdiri di depan Gehazi.
13  Elisa telah berkata kepada Gehazi: "Cobalah katakan kepadanya: Sesungguhnya engkau telah sangat bersusah-susah seperti ini untuk kami. Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Adakah yang dapat kubicarakan tentang engkau kepada raja atau kepala tentara?" Jawab perempuan itu: "Aku ini tinggal di tengah-tengah kaumku!"
14  Kemudian berkatalah Elisa: "Apakah yang dapat kuperbuat baginya?" Jawab Gehazi: "Ah, ia tidak mempunyai anak, dan suaminya sudah tua."
15  Lalu berkatalah Elisa: "Panggillah dia!" Dan sesudah dipanggilnya, berdirilah perempuan itu di pintu.
16  Berkatalah Elisa: "Pada waktu seperti ini juga, tahun depan, engkau ini akan menggendong seorang anak laki-laki." Tetapi jawab perempuan itu: "Janganlah tuanku, ya abdi Allah, janganlah berdusta kepada hambamu ini!"
17  Mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan seorang anak laki-laki pada waktu seperti itu juga, pada tahun berikutnya, seperti yang dikatakan Elisa kepadanya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Bilangan+21-22
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Bilangan+21-22

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar