(e-SH) 27 Januari -- Markus 4:30-34 - Tindakan Kecil untuk Kerajaan Allah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 27 Januari 2024
Ayat SH: Markus 4:30-34

Judul: Tindakan Kecil untuk Kerajaan Allah

Apa ukuran dunia akan keberhasilan? Kita hidup pada era di mana keberhasilan erat kaitannya dengan jumlah materi yang diperoleh dengan cepat. Bahkan, ukuran kesuksesan pelayanan pun dipengaruhi oleh budaya saat ini sehingga kerap kali dihubungkan dengan kuantitas pengunjung gereja, pertambahan aset gereja, dan pencapaian program.

"Dengan apa kita hendak mengumpamakan Kerajaan Allah itu ...? Kerajaan itu seumpama biji sesawi ketika ditaburkan di tanah" (30-31).

Penekanannya terletak pada pertumbuhan biji sesawi, yang terkecil tetapi yang dapat menjadi pohon terbesar, yang begitu besar hingga burung dapat bersarang padanya (32). Demikianlah perumpamaan yang digunakan Yesus saat mengajar orang banyak, tetapi yang diuraikan secara langsung kepada murid-Nya (33-34).

Yesus menyingkapkan diri-Nya agar murid-murid dapat mengenal-Nya. Yesus menunjukkan bahwa penyataan Kerajaan Surga merupakan proses pertumbuhan dari yang terkecil menjadi yang terbesar hingga banyak orang akan menerima manfaatnya. Para murid seharusnya mengerti bahwa Kerajaan Surga itu dimulai dari Yesus sendiri yang akan mati dan bangkit untuk menghadirkan Kerajaan Allah di bumi. Perumpamaan ini menunjukkan keberadaan gereja Tuhan yang terus bertumbuh menjadi makin besar di tengah dunia.

Setiap pelayanan yang dilakukan orang percaya adalah bagian dari pertumbuhan Kerajaan Allah. Pelayanan tidak harus sesuatu yang besar dengan jumlah pencapaian yang banyak menurut ukuran dunia. Pelayanan kita bisa saja terlihat sederhana dan kecil menurut orang-orang dunia ini. Namun, kita dapat melakukan hal-hal sederhana yang mungkin tidak dilihat oleh banyak orang seperti menjadi pendoa syafaat, menolong tetangga yang mengalami kesulitan, dan mendengarkan keluh kesah teman dengan sabar. Hal-hal kecil inilah yang menghadirkan Allah dalam hidup mereka.

Segala yang kita lakukan bagi Kerajaan Allah, biar kecil, akan bertumbuh besar sampai banyak orang merasakan kehadiran-Nya. [RGD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/01/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Markus+4:30-34
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Markus+4:30-34

Markus 4:30-34

30  Kata-Nya lagi: "Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya kita menggambarkannya?
31  Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi.
32  Tetapi apabila ia ditaburkan, ia tumbuh dan menjadi lebih besar dari pada segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang yang besar, sehingga burung-burung di udara dapat bersarang dalam naungannya."
33  Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka,
34  dan tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar