(e-RH) 15 Januari -- 2 KORINTUS 6:14-7:1 - MINAMATA

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 15 Januari 2024
Bacaan : 2 KORINTUS 6:14-7:1
Setahun: Kejadian 43-45
Nats: Saudara-saudaraku yang terkasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah. (2 Korintus 7:1)

Renungan:

MINAMATA

Pada pertengahan 1950-an, kota Minamata di Jepang mengejutkan dunia karena sebuah penyakit aneh yang muncul di sana. Diawali dengan perubahan perilaku kucing-kucing yang kejang-kejang lalu menerjunkan diri ke laut. Lalu disusul dengan gejala pada penduduk setempat yang mengalami gemetar, kejang, kesulitan berjalan, pendengaran berkurang, mengalami kelumpuhan, hingga kematian. Setelah diteliti, ternyata penyebabnya ialah karena mereka mengonsumsi ikan dan hasil laut yang telah terkontaminasi oleh merkuri yang berasal dari sebuah pabrik kimia yang membuang limbahnya ke laut dalam jumlah besar selama 36 tahun. Puluhan ribu orang mengalami gejala berat dan hampir dua ribu orang meninggal dunia. Penyakit itu pun dinamai sesuai kota asalnya, yakni Minamata.

Suatu polusi atau pencemaran memang sangat berbahaya. Memang dampaknya tidak selalu terlihat seketika, tetapi yang jelas ia akan menimbulkan berbagai hal buruk. Prinsip ini juga berlaku secara rohani. Inilah yang diingatkan Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus, agar mereka tidak berkompromi dengan hal-hal yang bertentangan dengan pengajaran Kristus. Itulah yang menghindarkan mereka dari kecemaran, sehingga tetap menjalani hidup yang kudus.

Lalu bagaimana upaya kita menjaga diri dari pencemaran rohani? Apakah bahan bacaan atau tontonan kita mendorong kita menaati Kristus, ataukah sebaliknya? Apakah lingkungan pergaulan serta kebiasaan-kebiasaan kita menolong kita menjalani hidup yang benar? Mari terus menjadikan firman Tuhan sebagai panduan hidup kita, itulah pelindung kita dari segala kecemaran. --HT/www.renunganharian.net
   
BERPEGANG TEGUH KEPADA PENGAJARAN KRISTUS YANG BENAR, AKAN MENJAGA KITA DARI SEGALA TINDAKAN YANG CEMAR.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/01/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+KORINTUS+6:14-7:1

2 KORINTUS 6:14-7:1

14  Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
15  Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?
16  Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini: "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.
17  Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.
18  Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa."
 1  Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Kejadian+43-45
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+43-45

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar