(e-RH) 16 Desember -- 1 PETRUS 4:12-19 - SUKACITA DALAM PENDERITAAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 16 Desember 2023
Bacaan : 1 PETRUS 4:12-19
Setahun: Yakobus 1-5
Nats: Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya. (1 Petrus 4:13)

Renungan:

SUKACITA DALAM PENDERITAAN

Adakah di antara kita yang senang bahkan berharap mengalami penderitaan? Jangankan bersukacita, saran untuk tetap bersabar di tengah penderitaan saja sudah cukup untuk menambah emosi, bukan? Mana ada orang yang senang menderita? Tetap bersukacita kala menderita bisa-bisa membuat kita disangka gila.

Meski demikian, Rasul Petrus menasihatkan umat untuk tetap bersukacita, tidak peduli seberat apa pun beban yang harus dihadapi demi Kristus. Bagi orang Kristiani, bersabar saja masih belum cukup. Ya, pengajaran Kristiani memang sering kali tampak gila jika dilihat dengan kacamata dunia. Karena itu penting bagi kita memiliki pemahaman yang benar akan maksud dan kehendak Tuhan atas hidup kita.

Sekalipun menderita secara jasmani, orang Kristiani boleh tetap bersukacita dan merasa beruntung karena setidaknya ada dua alasan. Pertama, melalui penderitaan mengambil bagian dalam penderitaan yang dialami Kristus (ay. 13). Kedua, ketika menderita karena Kristus, maka Tuhan dimuliakan (ay. 14, 16). Penderitaan karena iman kepada Kristus dengan demikian merupakan tanda perkenanan Ilahi yang berguna untuk memajukan Injil. Penderitaan karena Kristus juga menjadi persiapan bagi kemuliaan. Bukankah penderitaan semakin mendorong orang benar untuk menyerahkan jiwa kepada Allah sebagai pemilik hidup yang senantiasa setia akan janji kasih-Nya? Karena itu, beruntunglah kita yang bersukacita dalam penderitaan bagi Kristus! Sebab kita akan bergembira dan bersukacita selamanya bersama Tuhan dalam kemuliaan-Nya. --EBL/www.renunganharian.net
   
PENDERITAAN KARENA KRISTUS ADALAH UPAYA PEMURNIAN DARI ALLAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DAN MENGOKOHKAN IMAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/12/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+PETRUS+4:12-19

1 PETRUS 4:12-19

12  Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.
13  Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.
14  Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.
15  Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai pembunuh atau pencuri atau penjahat, atau pengacau.
16  Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.
17  Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?
18  Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?
19  Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yakobus+1-5
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yakobus+1-5

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar