(e-SH) 6 November -- Daniel 4:1-7 - Anugerah dalam Peringatan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 6 November 2023
Ayat SH: Daniel 4:1-7

Judul: Anugerah dalam Peringatan

Allah kita adalah Allah yang penuh anugerah dan dalam anugerah-Nya Allah sering memberi peringatan untuk mencegah kita dari berdosa.

Nas hari ini dimulai dengan Nebukadnezar yang memuji Allah. Ia memaklumkan "mujizat-mujizat yang telah dilakukan Allah yang maha tinggi" kepadanya (2). Ia juga mengakui bahwa "Kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal dan pemerintahan-Nya turun-temurun" (3). Ternyata dari ayat-ayat selanjutnya kita melihat bahwa ia baru sembuh dari penyakit yang dideritanya selama tujuh tahun sebagai akibat dari hukuman Allah Israel. Semua itu dimulai ketika ia mendapat mimpi yang mengejutkan dan menggelisahkan hatinya (4-5).

Apa yang dilakukan oleh Allah tidak mengherankan. Ia memang acap kali memberi peringatan supaya manusia, baik umat-Nya maupun bangsa asing, tidak berdosa. Misalnya, Allah membuat hati Daud berdebar-debar ketika ia memotong punca jubah Saul (1Sam. 24:6), dan kemudian Daud mengerti Allah tidak berkenan ia membunuh Saul. Yesus juga memberi peringatan kepada Petrus sebelum penyangkalannya (Mat. 26:34). Dalam nas yang kita baca, Allah memberikan peringatan kepada Nebukadnezar melalui mimpinya yang menggelisahkan dirinya.

Peringatan Allah harus ditanggapi dengan serius. Jika kita meremehkan dan tidak mengindahkannya, kita akan terjatuh ke dalam kesalahan dan penyesalan (seperti Petrus yang akhirnya menyangkal dan menyesali perbuatannya karena ia menganggap ringan peringatan Yesus). Tentulah konsekuensi dosa akan terlaksana seperti yang terjadi pada Nebukadnezar dan kerajaannya nantinya.

Kita harus menyadari betapa besar anugerah Allah yang masih memberikan peringatan kepada kita. Hal itu berarti Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk menyadari godaan dosa, menghindarinya, dan kembali kepada Allah.

Kiranya Tuhan memberi kita ketaatan serta kepekaan untuk selalu mendengarkan firman-Nya dan menanggapi dengan serius peringatan-Nya yang penuh anugerah. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/11/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Daniel+4:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+4:1-7

Daniel 4:1-7

 1  Dari raja Nebukadnezar kepada orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa, yang diam di seluruh bumi: "Bertambah-tambahlah kiranya kesejahteraanmu!
 2  Aku berkenan memaklumkan tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang telah dilakukan Allah yang maha tinggi kepadaku.
 3  Betapa besarnya tanda-tanda-Nya dan betapa hebatnya mujizat-mujizat-Nya! Kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal dan pemerintahan-Nya turun-temurun!
 4  Aku, Nebukadnezar, diam dalam rumahku dengan tenang dan hidup dengan senang dalam istanaku;
 5  lalu aku mendapat mimpi yang mengejutkan aku, dan khayalanku di tempat tidurku serta penglihatan-penglihatan yang kulihat menggelisahkan aku.
 6  Maka aku mengeluarkan titah, bahwa semua orang bijaksana di Babel harus dibawa menghadap aku, supaya mereka memberitahukan kepadaku makna mimpi itu.
 7  Kemudian orang-orang berilmu, ahli jampi, para Kasdim dan ahli nujum datang menghadap dan aku menceritakan kepada mereka mimpi itu, tetapi mereka tidak dapat memberitahukan maknanya kepadaku.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar