(e-SH) 27 November -- 2 Tawarikh 2 - Buah Relasi yang Baik

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 27 November 2023
Ayat SH: 2 Tawarikh 2

Judul: Buah Relasi yang Baik

Tuhan mempertemukan kita dengan berbagai macam orang; dan kita diundang untuk membangun relasi yang baik serta penuh kasih dengan semua orang. Tujuannya adalah supaya kita bisa saling membangun satu sama lain. Kita tidak pernah tahu kapan kita membutuhkan kehadiran orang lain, dan pada saat yang sama kita juga menyediakan diri untuk membantu orang lain.

Salomo, raja yang terkenal bijaksana itu, hendak memulai pembangunan Bait Allah beserta istana kerajaan (1). Bait Allah adalah simbol kehadiran Allah yang senantiasa menyertai Israel. Menariknya, Salomo turut melibatkan raja dari kerajaan tetangga dalam proses pembangunan tersebut.

Sosok itu adalah Huram, raja negeri Tirus yang disurati oleh Salomo agar ia memberi bantuan sejumlah material dan tenaga ahli dalam pembangunan Bait Allah (3-10). Rupanya relasi antara Israel dan Tirus sudah terbangun sejak lama, bahkan semenjak Daud bertakhta. Ada relasi persahabatan yang sudah terbangun antara kedua bangsa ini. Hubungan baik yang sudah dimulai dan senantiasa dijaga itu sangatlah indah. Relasi tersebut terbukti dari kesediaan Huram untuk membantu segala proses pembangunan Bait Allah serta memenuhi apa yang diminta oleh Raja Salomo (13-16).

Bukan hanya itu, Huram juga turut memanjatkan syukur dan puji-pujian kepada Allah atas ditegakkannya pemerintahan Raja Salomo (11-12). Dari sini kita melihat adanya hasrat untuk turut membangun relasi yang sama yang dahulu dibangun dengan Daud, agar terjadi pula dengan Salomo. Hubungan yang baik antara kedua kerajaan tentu saja akan mendatangkan lebih banyak manfaat dibandingkan apabila mereka menaruh kecurigaan satu sama lain. Selanjutnya, kita melihat bahwa terjadi kolaborasi yang baik dalam pembangunan Bait Allah tersebut.

Jadi, marilah kita juga berupaya membangun relasi yang baik serta persahabatan yang tulus dengan sebanyak mungkin orang. Hidup tentu akan menjadi jauh lebih nyaman jika tercipta relasi yang penuh damai dan saling membangun dengan orang-orang di sekitar kita. Bukankah demikian yang kita harapkan? [WDN]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/11/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+2
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Tawarikh+2

2 Tawarikh 2

 1  Salomo memerintahkan untuk mendirikan suatu rumah bagi nama TUHAN dan suatu istana kerajaan bagi dirinya sendiri.
 2  Dan Salomo mengerahkan tujuh puluh ribu kuli, delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus mandur untuk mengawasi mereka itu.
 3  Lalu Salomo mengutus orang kepada Huram, raja negeri Tirus, dengan pesan: "Perbuatlah terhadap aku seperti yang kauperbuat terhadap ayahku Daud, ketika engkau mengirim kayu aras kepadanya, sehingga ia dapat mendirikan baginya suatu istana untuk tinggal di situ.
 4  Ketahuilah, aku hendak mendirikan sebuah rumah bagi nama TUHAN, Allahku, untuk menguduskannya bagi Dia, supaya di hadapan-Nya dibakar ukupan dari wangi-wangian, tetap diatur roti sajian dan dipersembahkan korban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang, pada hari-hari Sabat dan bulan-bulan baru, dan pada perayaan-perayaan yang ditetapkan TUHAN, Allah kami, sebab semuanya itu adalah kewajiban orang Israel untuk selama-lamanya.
 5  Dan rumah yang hendak kudirikan itu harus besar, sebab Allah kami lebih besar dari segala allah.
 6  Tetapi siapa yang mampu mendirikan suatu rumah bagi Dia, sedangkan langit, bahkan langit yang mengatasi segala langitpun tidak dapat memuat Dia? Dan siapakah aku ini, sehingga aku hendak mendirikan suatu rumah bagi Dia, kecuali sebagai tempat untuk membakar korban di hadapan-Nya?
 7  Maka sekarang, kirimlah kepadaku seorang yang ahli mengerjakan emas, perak, tembaga, besi, kain ungu muda, kain kirmizi, kain ungu tua, dan yang juga pandai membuat ukiran, untuk membantu para ahli yang ada padaku di Yehuda dan di Yerusalem, yang telah ditunjuk ayahku Daud.
 8  Kirim juga kepadaku kayu aras, sanobar dan cendana dari gunung Libanon, sebab aku tahu, bahwa hamba-hambamu pandai menebang pohon dari Libanon. Dalam pada itu hamba-hambaku akan membantu hamba-hambamu
 9  untuk menyediakan bagiku sejumlah besar kayu, sebab rumah yang hendak kudirikan itu harus besar dan mentakjubkan.
10  Dan untuk tukang-tukang yang menebang pohon kuberikan gandum dua puluh ribu kor, jelai dua puluh ribu kor, anggur dua puluh ribu bat dan minyak dua puluh ribu bat, sebagai bahan makanan bagi hamba-hambamu itu."
11  Dan Huram, raja negeri Tirus, mengirim surat balasan kepada Salomo, yang berbunyi: "Karena TUHAN mengasihi umat-Nya, Ia telah mengangkat engkau menjadi raja atas mereka."
12  Lalu Huram melanjutkan: "Terpujilah TUHAN, Allah orang Israel, yang menjadikan langit dan bumi, karena Ia telah memberikan kepada raja Daud seorang anak yang bijaksana, penuh akal budi dan pengertian, yang akan mendirikan suatu rumah bagi TUHAN dan suatu istana kerajaan bagi dirinya sendiri!
13  Maka sekarang aku mengirim seorang ahli, yang penuh pengertian, yakni Huram Abi,
14  anak seorang perempuan dari bani Dan, sedang ayahnya orang Tirus. Ia pandai mengerjakan emas, perak, tembaga, besi, batu, kayu, kain ungu muda, kain ungu tua, lenan halus dan kain kirmizi, dan juga pandai membuat segala jenis ukiran dan segala jenis rancangan yang ditugaskan kepadanya dengan dibantu oleh ahli-ahlimu dan oleh ahli-ahli ayahmu, tuanku Daud.
15  Baiklah sekarang tuanku kirim kepada hamba-hamba tuanku gandum dan jelai, minyak dan anggur yang telah tuanku sebutkan itu.
16  Dan kami akan menebang kayu dari gunung Libanon sebanyak engkau perlukan dan membawanya kepadamu dengan rakit-rakit melalui laut sampai ke Yafo, dan engkau dapat mengangkutnya ke Yerusalem."
17  Lalu Salomo menghitung semua orang asing yang laki-laki yang ada di negeri Israel sama seperti yang pernah dilakukan Daud, ayahnya. Maka terdapatlah seratus lima puluh tiga ribu enam ratus orang.
18  Dan dari antara mereka, tujuh puluh ribu orang dijadikannya kuli, delapan puluh ribu orang tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus orang mandur yang harus menyuruh orang-orang itu bekerja.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar